Translate dan Resume Self Disclosure


Pentingnya Pembukaan Diri

Faktor yang mempengaruhi bisa tidaknya membuka diri adalah siapa saya, budaya, jenis kelamin, pendengar, dan topik.
v  Siapa Saya
Orang yang ramah, ekstrover dan nyaman dalam berkomunikasi lebih mudah untuk membuka diri. Orang-orang yang cakap lebih dapat membuka diri mungkin karena mereka punya rasa percaya diri yang lebih besar dan lebih menyatakan hal yang positif. Rasa percaya diri yang besar tersebut membuat mereka lebih dapat menerima respon negatif.
v  Budaya
Setiap budaya memandang pembukaan diri secara berbeda. Misalnya orang Amerika lebih dapat membuka diri daripada orang Inggris, Jerman, Jepang atau Puerto Rico.
Demikian juga pelajar Amerika yang lebih terbuka terhadap isu-isu controversial dan berbagai tipe orang daripada pelajar Cina. Pelajar Cina menyadari banyak topik sebagai hal tabu dan tidak pantas untuk dibagikan.
Beberapa budaya terutama yang menjunjung maskulinitas memandang bahwa membagi perasaan adalah suatu kelemahan.
Orang Inggris, Jerman, Amerika dan Puerto Rico lebih suka untuk membagikan informasi personal seperti hobi, ketertarikan, kebiasaan, dan pendapat terhadap politik dan agama daripada informasi keuangan, seks, kepribadian dan hubungan antar pribadi.
Sebuah penelitian menunjukkan pola pembukaan diri pria Amerika hampir sama dengan pria Korea.
v  Jenis Kelamin
Perbedaan yang sangat popular dalam pembukaan diri adalah pria lebih enggan berbicara tentang dirinya. Dan kebanyakan penelitian mendukung wanita lebih mudah membuka diri  dari pria. Saat berbicara dengan wanita lain, wanita lebih intim dan lebih beremosi.
Wanita dapat memperdalam tingkat pembukaan diri mereka sementara pria tidak.
Alasan pria menghindari pembukaan diri adalah untuk menegakkan control, sementara alasan wanita adalah untuk menghindari luka pribadi dan persoalan dalam hubungan.
v  Lawan Komunikasi
Pembukaan diri lebih mudah dalam kelompok kecil. Dengan satu lawan bicara, kita lebih dapat memberi respon secara hati-hati. Kita dapat memonitor tahap pembukaan diri, terus berlanjut jika ada respon dari lawan komunikasi dan berhenti jika tidak ada respon.
Namun kadang kala pembukaan diri terjadi dalam kelompok dan situasi pembicaraan umum. Secara umum, kita lebih membuka diri pada orang yang disukai dan dipercaya.
Kadang pembukaan diri terjadi secara temporer, misalnya antara orang asing di pesawat atau kereta api.
v  Topik
Kita lebih suka membuka diri tentang topik tertentu ataupun topik favorit. Misalnya tentang pekerjaan atau hobi daripada tentang kehidupan seks atau keadaan keuangan.
Secara umum kita menghindari topik yang lebih personal dan negatif.

Keuntungan Membuka Diri

Penelitian menunjukkan pembukaan diri membantu meningkatkan pengetahuan akan diri sendiri, keefektifan komunikasi dan hubungan dan fisiologis yang baik.
Ø  Pengetahuan Akan Diri Sendiri
Salah satu yang didapat dari mengungkapkan diri adalah mendapat perspeksi yang baru tentang diri sendiri, mengerti lebih dalam tentang kelakuan diri sendiri.
Penerimaan diri lebih sulit dari pembukaan diri. Kita menerima diri sendiri lebih dari pandangan orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA