Contoh Transkrip - Open Coding


Nama     : Mar’atul Hanifah
NIM       : 14030111130040
Absen     : 26
Kelas      : Rabu, 12 Desember 2012, jam 11.31
Transkrip Wawancara
Open Coding
El       : kamu anak ke berapa dari berapa bersaudara ?
Desy  : aku anak ke-5 bungsu.
El       : kakak-kakakmu ada yang udah nikah ?
Desy  : udah nikah semua, jadi aku di rumah cuma bertiga sama bapak dan ibu.
Desy anak paling dimanja di rumahnya.
El       : berasa jadi anak tunggal dong ? dimanja.
Desy  : engga juga, malah aku kalau di rumah itu biasa aja, ga manja. Aku juga tetep mengerjakan pekerjaan rumah (menyapu, menyetrika, masak nasi, dll), tapi cuma pas libur kuliah aja, kalau ada kuliah kan ga sempet.
Desy paling dimanja, tapi tidak manja.
El       : ada hobi pergi jalan-jalan kemana gitu ga sama ortu ?
Desy  : engga ada, paling ya nonton bola bareng bapak di tv.
El       : hla ibumu ?
Desy  : ibu ikut-ikut nonton juga, tapi ga ngerti apa-apa tentang bola, jadi cuma diem.
Kalau tentang bola, ibunya selalu merasa terasingkan.
El       : kenapa kamu kalo mau nyeberang jalan lewat jalan kecil sama jembatan, atau pergi ke kamar mandi selain di rumah itu selalu minta ditemenin sama orang ?
Desy  : takut, ga berani sendiri.
El       : kalau ga ada orang ?
Desy  : ya pokoknya harus ada, biasanya aku narik siapa aja yang ada di situ buat nemenin aku.
Selalu maksa semua orang untuk menemani apapun yang akan dilakukannya.




Transkrip Wawancara
Open Coding
El       : kamu paling manja itu pas apa ?
Desy  : kalau pas lagi sakit. Aku kalau sakit itu langsung disuruh periksa sama orangtuaku, tapi aku ga pernah mau walaupun dipaksa. Akhirnya kalau sakit, ibu selalu nemenin aku seharian, bahkan tidur juga ditemenin ibu.
El       : hla bapak ?
Desy  : bapak nungguin sambil nonton tv, tapi bolak balik ngecek keadaanku.
Desy banyak maunya saat sedang sakit, dan akan marah kalau tidak dituruti.
El       : tapi kamu pernah ngerasa dewasa juga ga sih ?
Desy  : engga, aku ga bisa dewasa.
El       : ga pernah nasehatin orang atau ngapain gitu ?
Desy  : engga, aku ga bisa nasehatin orang, buat aku ‘hidup hidupmu, hidup hidupku’.
Tidak peka dengan keadaan sekitarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA