Soal Jawaban DISTORSI PESAN DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI
Nama :
Mar’atul Hanifah
NIM :
14030111130040
Absen :
18
Kelas :
03 (Rabu, 28 November 2012, jam 09.00)
DISTORSI PESAN DALAM KOMUNIKASI
ORGANISASI
1. Jelaskan
faktor personal utama yang mempengaruhi distorsi ! Berikan contohnya !
2. Jelaskan
maksud dari ketiaktepatan bahasa yang termasuk dalam kategori faktor personal
yang mempengaruhi distorsi !
3. Bagaimana
cara atau usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi distorsi ?
Hormat
saya,
(Mar’atul Hanifah)
14030111130040
Nama :
Mar’atul Hanifah
NIM :
14030111130040
Absen :
18
Kelas :
03 (Rabu, 28 November 2012, jam 09.00)
DISTORSI
PESAN DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI
1. Faktor
utama yang memberikan kontribusi pada distorsi pesan dalam proses komunikasi,
adalah persepsi kita mengenai pemberian komunikasi tersebut.
Contoh
: ketika pertemuan pertama dengan kepala sekolah saya mempersepsinya sebagai
seorang yang sangat menarik dan suka membantu. Tetapi setelah itu saya
melihatnya sebagai seorang yang asing dan mempunyai status yang tinggi, serta
suka mnyendiri.
2. Kata-kata
bukanlah hal-hal yang menunjuk keadaan yang sebenarnya, hanya menunjuk
kejadian, aktivitas dan orang.
Penggunaan
kta-kata dan istilah yang tidak umum.
Salah
satu kecenderungan dasar adalah hanya memberikan 2 aalternatif, misalnya baik
dan buruk.
3. Menetapkan
lebih dari satu saluran komunikasi.
Menciptakan
prosedur untuk mengimbangi distorsi.
Menghilangkan
perantara antara pembuat keputusan dengan pemberi informasi.
Mengembangkan
pembuktian gangguan pesan.
Hormat
saya,
(Mar’atul Hanifah)
14030111130040
Comments
Post a Comment