Tabel 6.2 Berbagai Posisi Paradigma dalam Masalah-Masalah Praktis Pilihan
Tabel
6.2 Berbagai Posisi Paradigma dalam Masalah-Masalah Praktis Pilihan
Masalah
|
Positivisme
|
Post-positivisme
|
Teori Kritis dkk.
|
Konstruktivisme
|
Tujuan
penelitian
|
Penjelasan: prediksi dan kontrol
|
Kritik
dan transformasi; pemulihan dan emansipasi
|
Pemahaman;
rekonstruksi
|
|
Sifat
ilmu pengetahuan
|
Hipotesis
yang sahih dikembangkan menjadi fakta atau hukum
|
Hipotesis
yang tak dapat difalsifikasi yang berpeluang menjadi fakta atau hukum
|
Wawasan
struktural/historis
|
Berbagai
rekonstruksi individual bersatu membentuk konsensus
|
Akumulasi
pengetahuan
|
Pertambahan-‘bahan-bahan
pembangun’ yang menyempurnakan ‘bangunan pengetahuan’; generalisasi dan
hubungan sebab-akibat
|
Revisionisme
historis; generalisasi melaalui similaritas
|
Rekonstruksi
yang lebih matang dan canggih; pengalaman yang seolah-olah dialami sendiri
|
|
Kriteria
baik-buruknya atau kualitas
|
‘Keketatan’ sebagai standar
konvensional: validitas internal dan eksternal, reliabilitas, dan
objektivitas
|
Keterposisian
historis; lenyapnya ketidaktahuan stimulus tindakan
|
Layak
dipercaya dan keontetikan serta kesalahpahaman
|
|
Nilai
|
Tidak tercakup - pengaruh ditolak
|
Tercakup – berciri formatif
|
||
Etika
|
Ekstrinsik; cenderung menipu
|
Intrinsik;
kecondongan moral ke arah ilham (bimbingan gaib)
|
Intrinsik;
proses yang condong ke arah penyingkapan rahasia; persoalan-persoalan khusus
|
|
Suara
|
‘ilmuwan yang tak memihak’
sebagai penasihat pembuat kebijakan, pembuat kebijakan, dan pelaku perubahan
|
‘Intelektual
transformatif’ sebagai pembela dan aktivis
|
‘Partisipan
yang penuh empati dan gairah’ sebagai fasilitator bagi rekonstruksi
multi-pesan
|
|
Pelatihan
|
Teknis
dan kuantitatif; teori-teori substantif
|
Teknis;
kuantitatif kualitatif; teori-teori substantif
|
Sosialisasi ulang; kualitatif dan
kuantitatif; sejarah; nilai-nilai altruisme dan pemberdayaan
|
|
Akomodasi
|
Sepadan
|
Tidak sepadan
|
||
Hegemoni
|
Pengatur publikasi, pendanaan,
promosi, dan jabatan
|
Mencari pengakuan dan masukan
|
Comments
Post a Comment