Tabel 6.2 Berbagai Posisi Paradigma dalam Masalah-Masalah Praktis Pilihan



Tabel 6.2 Berbagai Posisi Paradigma dalam Masalah-Masalah Praktis Pilihan

Masalah
Positivisme
Post-positivisme
Teori Kritis dkk.
Konstruktivisme
Tujuan penelitian
Penjelasan: prediksi dan kontrol
Kritik dan transformasi; pemulihan dan emansipasi
Pemahaman; rekonstruksi
Sifat ilmu pengetahuan
Hipotesis yang sahih dikembangkan menjadi fakta atau hukum
Hipotesis yang tak dapat difalsifikasi yang berpeluang menjadi fakta atau hukum
Wawasan struktural/historis
Berbagai rekonstruksi individual bersatu membentuk konsensus
Akumulasi pengetahuan
Pertambahan-‘bahan-bahan pembangun’ yang menyempurnakan ‘bangunan pengetahuan’; generalisasi dan hubungan sebab-akibat
Revisionisme historis; generalisasi melaalui similaritas
Rekonstruksi yang lebih matang dan canggih; pengalaman yang seolah-olah dialami sendiri
Kriteria baik-buruknya atau kualitas
‘Keketatan’ sebagai standar konvensional: validitas internal dan eksternal, reliabilitas, dan objektivitas
Keterposisian historis; lenyapnya ketidaktahuan stimulus tindakan
Layak dipercaya dan keontetikan serta kesalahpahaman
Nilai
Tidak tercakup - pengaruh ditolak
Tercakup – berciri formatif
Etika
Ekstrinsik; cenderung menipu
Intrinsik; kecondongan moral ke arah ilham (bimbingan gaib)
Intrinsik; proses yang condong ke arah penyingkapan rahasia; persoalan-persoalan khusus
Suara
‘ilmuwan yang tak memihak’ sebagai penasihat pembuat kebijakan, pembuat kebijakan, dan pelaku perubahan
‘Intelektual transformatif’ sebagai pembela dan aktivis
‘Partisipan yang penuh empati dan gairah’ sebagai fasilitator bagi rekonstruksi multi-pesan
Pelatihan
Teknis dan kuantitatif; teori-teori substantif
Teknis; kuantitatif kualitatif; teori-teori substantif
Sosialisasi ulang; kualitatif dan kuantitatif; sejarah; nilai-nilai altruisme dan pemberdayaan
Akomodasi
Sepadan
Tidak sepadan
Hegemoni
Pengatur publikasi, pendanaan, promosi, dan jabatan
Mencari pengakuan dan masukan

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA