Kondisi Tanah Labil, Kerusakan Jalan Sigar Bencah Semakin Parah

Nama : Mar’atul Hanifah
NIM    : 14030111130040
Makul : Penulisan berita, edit, feature

SEMARANG –Kondisi tanah di sepanjang jalan Sigar Bencah, Semarang, mempersulit perbaikan yang dikerjakan secara sempurna. Akibatnya, setelah menyelesaikan satu masalah, masalah lain selalu datang menimpa jalan itu. Bahkan, hal ini sudah menjadi rahasia umum sejak lebih dari 10 tahun yang lalu.
            Pada tahun 2003, tebing yang menyangga jalan sigar bencah telah diperbaiki karena sering longsor. Tak hanya tanah yang longsor, namun juga batu-batu besar. Perbaikan yang menghabiskan dana Rp 50 juta dari APBD Kota Semarang ini pun tetap tak berpengaruh besar bagi keberlanjutan kerusakan jalan sigar bencah. Karena telah terhenti sebelum perbaikan selesai, dengan alasan kekurangan dana. Ini semakin meyakinkan masyarakat bahwa pemkot tidak serius dalam menangani kerusakan sigar bencah.
            Kemudian di bulan april2006, longsor masih terus menghantui pengguna jalan, ditambah lagi dengan lubang-lubang yang mencapai kedalaman 5 sampai 25 sentimeter. Padahal sekitar awal bulan Maret 2006, jalan itu telah diperbaiki karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan datang untuk kunjungan kerja dan melewati jalan tersebut
 Kali ini yang menjadi masalah bukan kekurangan dana, namun kondisi tanah yang labil membuat lubang-lubang jalan terus ada dan membesar.Seperti di tahun 2012 lalu, sigar bencah mulai dipasang talud, agar tidak terus longsor. Namun tetap gagal karena kondisi tanah tersebut.Lebih parahnya lagi, kini sigar bencah dihantui oleh banjir lumpur akibat material-material yang turun dari perbaikan di sigar bencah bagian atas.

Kondisi tanah di sigar bencah yang terus bergerak ini, semakin diperparah dengan kendaraan-kendaraan besar yang selalu melintasinya, seperti bus dan truk-truk. Seakan percuma untuk memperbaiki jalan tersebut, para pengendara jalan mulai membahas tentang tindakan kriminal yang sering terjadi disana karena lampu-lampu jalan yang tidak memadai. Masalah lampu itu juga yang mengakibatkan maraknya kecelakaan sigar bencah di malam hari.

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA