Mengasah bakat di zona kampus


SEMARANG- Ilmu komunikasi undip menggandeng tv lokal untuk mengasah kemampuan mahasiswa-mahasiswi terutama yang sedang konsentrasi di bidang jurnalistik. Demi mencapai kemampuan maksimal dan tidak gagap dengan dunia jurnalistik, ilmu komunikasi undip memberikan wadah yang bisa digunakan oleh para mahasiswanya untuk belajar tentang dunia pertelevisian yang dberi nama zona kampus. Zona kampus sendiri merupakan anakan dari berita kampus dan pro kampus yang lebih dulu lahir di tv lokal semarang seperti pro tv dan tv borobudur. Sedangkan zona kampus merupakan hasil kerjasama antara ilmu komunikasi undip dengan cakra semarang tv.
Zona kampus sendiri berisi konten-konten seputar dunia kampus di semarang, meliputi isu-isu terhangat, event-event menarik, tips seputar dunia perkuliahan, kuliner unik, informasi tentang komunitas-komunitas di semarang, dan juga LLM (lika liku mahasiswa), dimana presenter LLM memberikan pertanyaan kepada mahasiswa mengenai tema-tema lucu secara acak dari berbagai kampus di semarang.
Zona kampus sendiri tidak membatasi crew untuk belajar di satu bidang tertentu, misalnya fokus di bidang kameramen atau reporter. Melainkan crew wadah ini dibebaskan untuk mengasah bakatnya baik di bidang reporter, kameramen, editor gambar, dubber, editor naskah, atau proses taping presenter.
Namun, bagi mahasiswa yang tidak begitu suka atau berminat di dunia jurnalistik, jangan putus semangat dulu. Karena di wadah ini juga, kita bisa belajar tentang marketing. Mengenai bagaimana cara promosi acara lewat twitter, melobi tempat atau café untuk taping, meminta sponsor untuk wardrobe, bisa juga melobi ketua panitia suatu event untuk bisa diliput acaranya.
Disini kita tidak hanya belajar seputar ilmu komunikasi saja. Ibarat menyelam sambil minum air, kita juga bisa memanen pengalaman, kenalan dan juga pengetahuan secara umum lewat event-event yang kita datangi, misalnya liputan seminar. Ketika liputan seminar, kita tidak hanya bertugas meliput saja, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dari apa yang disampaikan oleh pengisi seminar.
Acara yang tayang hari rabu pukul 18.00 sore ini, biasanya melakukan taping secara berpindah-pindah. Misalnya, dikampus, tempat rekreasi, tempat bersejarah, dan juga di café-café di semarang. Dalam proses taping, dibutuhkaan kerja sama. Jadi kita bisa belajar bekerja sama dalam suatu tim untuk menghasilkan sebuah tayangan yang tidak biasa, namun sebagai tayangan yang ditunggu-tunggu tiap minggunya. Disini yang bekerja ada kameramen, tim make up, pengarah produksi, dan soundman. Tentu saja, ketika kita sering melakukan kegiatan jurnalistik seperti ini, kemampuan kita menjadi terasah. Bukan hanya hebat di kelas, kita juga bisa menguasai lapangan secara keseluruhan. Dari proses awal hingga proses produksi.
Wadah yang memiliki kantor redaksi di gedung ict undip lantai 6 ini, tiap tahunnya melakukan rekrutmen bagi mahasiswa-mahasiswi untuk belajar lebih dalam lagi tentang jurnalistik media, terutama untuk jurusan ilmu komunikasi.
Jadi, disini tidak ada sistem gaji, dimana kita sukarela meliput event-event atau acara-acara yang ada. Karena bersifat UKM, pengurus jurusan ilmu komunikasi hanya memberi fasilitas tempat, alat, dan juga dana operasi. Sehingga bagi yang berminat dibidang pertelevisian, bisa ikut serta untuk belajar dan mencari pengalaman dari wadah ini.
Diharapkan, dengan adanya wadah yang dipayungi channel kampus ini. Bisa menelurkan alumni calon-calon jurnalis yang handal yang tidak gagap dengan dunia pertelevisian, dan mampu menjadikan media yang membawa perubahan kearah positif, dan juga sebagai motor penggerak bangsa untuk terus maju. (Nurul Laelatul L/Handono P)

Comments

  1. Tutarni : Terima kasih atas informasi yang diberikan, semoga dapat mencerdaskan bangsa terutama saya yang masih pemula. Sekali lagi terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, aamiin bu. terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA