Contoh Proposal Kegiatan

KEGIATAN 1

ANALISIS

            Dewasa ini, masyarakat tidak memperhatikan suatu perusahaan hanya dari barang atau jasa yang dihasilkan saja, namun juga manfaat perusahaan tersebut bagi masyarakat luas, baik manfaat jangka pendek maupun jangka panjang. Karena tak dapat dipungkiri, bahwa masyarakat semakin kritis dan selektif melihat apakah suatu perusahaan melakukan hal-hal tidak terpuji seperti perusakan lingkungan, eksploitasi sumber daya alam, dan sebagainya yang justru dapat memperburuk citra perusahaan tersebut. Tekanan yang kuat dari masyarakat pun mengharuskan perusahaan menciptakan konsep bisnis yang tidak berorientasi pada profit semata, tetapi juga harus memiliki tanggung jawab sosial.
PT Djarum telah membuktikan hal tersebut dengan diraihnya beberapa penghargaandiantaranya: Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2002 (Zero Accident Acknowlegment), Audit Exterl Keselamatan Kerja tahun 2004 dengan hasil 87%. Tahun 2005 berhasil mendapatkan Bendera Emas (Bendera Emas : Pemberian penghargaan untuk perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang baik bagi perusahaan dengan produksi bersih) dan Tahun 2007 mendapat hasil 93%. Penghargaan lain Certificate of Compliance ISO 9001-1994 (Penghargaan tahun 2001) kemudian diperbaharui menjadi ISO 9001-2000.
Akhir tahun 2007, PT Djarum telah pembayar cukai pada pemerintah sebesar Rp.7,642 triliun, Rp.25.475/hari,dengan jumlah karyawan 74.490.dengan manajemen yang terstruktur memungkinkan perusahaan ini berkembang. PT Djarum memiliki, 5 nilai-nilai inti dalam pengembangan perusahan, yaitu:
·         Fokus pada pelanggan.
·         Profesionlisme.
·         Organisasi yang terus belajar.
·         Satu Keluarga.
·         Tanggung Jawab Sosial.

            PT Djarum juga merupakan salah satu perusahaan yang dapat dinikmati manfaatnya oleh semua kalangan. Djarum menyadari bahwa melalui pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, sejak tahun 1984, PT Djarum memberikan beasiswa selama satu tahun kepada para mahasiswa-mahasiswi strata satu berprestasi tinggi dari berbagai Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia melalui program Djarum Bakti Pendidikan. Para calon penerima beasiswa Djarum tersebut diseleksi secara ketat dan harus memenuhi persyaratan IQ dan EQ sehingga mereka memiliki kecerdasan emosional dalam proses meraih prestasi.
Beasiswa Djarum tersebar di 73 perguruan tinggi di 24 provinsi di Indonesia, dan harapannya dapat memasuki kawasan timur seperti Maluku dan sekitarnya. Selain mendapat bantuan biaya pendidikan, para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) juga menerima manfaat lain berupa program pelatihan soft skills, yang merupakan kelebihan dari program Djarum Beasiswa Plus, yaitu dengan mengikuti pelatihan mengenai wawasan kebangsaan, pengembangan karakter, kepemimpinan, kreatifitas, serta beberapa kegiatan lain dalam bidang sosial, lingkungan, pendidikan, dan budaya. Tujuannya tidak lain agar para Beswan Djarum kelak bisa menjadi manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa.

TUJUAN

1.      Membantu mahasiswa mahasiswi berprestasi tinggi agar dapat menyelesaikan pendidikan akademik S-1.
2.      Untuk mensosialisasikan program Beasiswa Djarum di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
3.      Untuk mengetahui respon atau tanggapan masyarakat terhadap program beasiswa Djarum.
4.      Untuk menciptakan kader bangsa yang mandiri dan berprestasi.
5.      Mengurangi citra negatif masyarakat, termasuk mahasiswa pada PT Djarum yang merupakan perusahaan rokok terbesar, dan tak jarang menemui pro-kontra.
6.      Tidak hanya memberikan keterampilan bagi Beswan Djarum, namun juga menjadikan mereka manusia yang cakap intelegensia, emosional maupun spiritual.

PUBLIK

Target audiens :
Mahasiswa
Aspek Demografi :
Jenis Kelamin              : Laki-laki dan Perempuan
Usia                             : ≤ 21 tahun
Pendidikan                  : ≥ semester IV
Aspek Geografi:
Mahasiswa mahasiswi perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta.
Aspek Psikografi:
Target adalah mahasiswa berprestasi dan atau kurang mampu untuk meneruskan pendidikannya di S-1.

PESAN

1.      PT Djarum ingin menunjukkan bahwa tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan di S-1, dan setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan Beasiswa Djarum.
2.      Para mahasiswa diharapkan dapat turut berpartisipasi aktif ke dalam program Beasiswa Djarum ini, karena akan ada banyak manfaat yang didapatkan.
3.      Program ini terbuka bagi seluruh mahasiswa dari semua disiplin ilmu yang sedang menempuh Tingkat Pendidikan Strata 1 (S1) pada semester IV.

STRATEGI

Beasiswa Djarum terbuka bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Minimnya pendapatan keluarga juga berpengaruh dalam mencapai beasiswa ini. Para penerima beasiswa Djarum (Beswan Djarum) juga menerima manfaat lain berupa program pengembangan karakter agar para Beswan Djarum bisa mandiri dan menjadi pemimpin arif.

TAKTIK

1.      Seminar/lokakarya.
2.      Pelatihan-pelatihan.
3.      Leadership.
4.      Motivasi.
5.      Outbound.
6.      Practical skills.
7.      Kewirausahaan (entrepreneur skill).
8.      Lomba Karya Tulis Beswan Djarum (LKT-BD).
9.      Kunjungan ke pabrik PT Djarum di Kota Kudus.
10.  Malam pelantikan sebagai Beswan Djarum.

SKALA WAKTU

KEGIATAN
BULAN KE-
1
2
3
4
5
6
Pengumuman Penerima Beasiswa Djarum






Seminar/lokakarya






Pelatihan-pelatihan






Leadership






Motivasi






Outbound






Practical skills






Kewirausahaan (entrepreneur skill)






Lomba Karya Tulis Beswan Djarum (LKT-BD)






Kunjungan ke pabrik PT Djarum di Kota Kudus






Malam pelantikan sebagai Beswan Djarum







SUMBER DAYA

Manajer Proyek                                   : Mr Charly Van Houten
Event Director                                                : Mrs Regina
External Relation                                : Mr Guntur Triyoga
Funding & Legal Director                  : Mr Bisma Kharisma
Sponsorship                                         : Mrs Kadek Devi

No.
Keterangan
Jumlah
1
Sewa lokasi
Rp.    5.000.000
2
Brosur dan spanduk
Rp.  10.500.000
3
Iklan di media cetak dan elektronik
Rp.  50.000.000
4
Konsumsi
Rp.  20.000.000
5
Transportasi
Rp.  10.000.000
6
Pin Beswan Djarum@Rp 5.000 x 500
Rp.    2.500.000
7
Biaya tak terduga
Rp.    2.000.000

TOTAL
Rp. 100.000.000
RANCANGAN BIAYA

EVALUASI

Setelah membuat perencanaan, strategi dan taktik-taktik yang telah dipilih, program ini akan dapat mencapai tujuan yang telah terukur. Kerjasama antar penyelenggara sangat berpengaruh penting bagi terlaksananya program ini dengan baik. Brosur, spanduk, serta iklan di media cetak dan elektronik membuat pendaftar semakin lama semakin banyak. Mereka yang telah memiliki pengalaman dalam beasiswaDjarum ini pun memberi kesan baik, serta dapat saling berbagi kepada sesama Beswan Djarum, maupun mahasiswa lain yang belum berpartisipasi, sehingga membuat mahasiswa lain juga tertarik untuk mengikuti Beasiswa Djarum.
Survey yang telah dilakukan sebelum kegiatan ini berlangsung pun harus diimbangi dengan survey saat dan setelah kegiatan berlangsung. Agar mengetahui sampai manakah tujuan yang telah terukur itu tercapai.

Hambatan :
·         Kurangnya dorongan agar mahasiswa bersedia turut berpartisipasi aktif dalam program Beasiswa Djarum.
·         Sosialisasi kurang memasuki wilayah mahasiswa.
·         Banyaknya mahasiswa yang belum mengetahui manfaat beasiswa bagi keberlanjutan pendidikan.
·         Ketakutan mahasiswa jika tidak lolos seleksi.
·         Adanya ketakutan bahkan sebelum mencoba untuk berpartisipasi.
·         Minimnya ketertarikan mahasiswa terhadap beasiswa.

REVIEW

Dalam proposal ini, kami mengajukan gagasan tentang program Beasiswa Djarum. Program tersebut merupakan kompetisi bagi para mahasiswa. Adanya pelatihan bagi Beswan Djarum juga membantu membentuk pribadi yang mandiri dan berprestasi di dalam dan di luar lapangan. Selain penyebaran beasiswa, program ini juga menjadi ajang para Beswan Djarum untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Demi terlaksananya kegiatan ini dengan baik, kami telah melakukan beberapa persiapan, diantaranya :
1.      Menetapkan perencanaan.
2.      Membentuk kepanitiaan.
3.      Melakukan survei dan observasi ke lapangan.
4.      Melakukan sosialisasi di beberapa daerah dan perguruan tinggi.
5.      Bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia.
6.      Menyiapkan perlengkapan sesuai kebutuhan.
7.      Mengadakan survei kembali setelah kegiatan tersebut terlaksana, dengan menilai perbandingan tingkat pendaftar.

Dengan telah tercapainya persiapan yang matang, diharapkan kegiatan ini akan memiliki dampak positif dan diterima oleh masyarakat, khususnya mahasiswa. Pentingnya beasiswa bagi dunia pendidikan Indonesia, sepadan dengan kemudahan yang diberikan oleh PT Djarum yang bekerjasama dengan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sehingga tak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.



Comments

  1. Assalamu'alaikum Bagaimana untuk suatu organisasi bila ingin mengadakan suatu kegiatan....?. Bisa nggak kami minta bantuan dari PT Djarum.....?. Trims wassalam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA