.: Belajar Body Language dari Mas Malta Nur Doa (OPINI) :)



                Kemaren jam 9 pagi (15/10) di GSG Undip, ada magang OPINI part II. Kali ini pemateri kita dari mas Malta Nur Doa, sebenernya sih tema aslinya tentang Marketing, namun, mas Malta lebih tertarik untuk mengenalkan kita pada tema ‘Body Language’ terlebih dahulu, n menurutku pribadi sih tema itu emang menarik banget, terbukti dari para peserta magang yang sampe lupa jam.
                Aku rangkumin dikit yaa ? kebetulan tadi aku nyatet yaa .. lumayanlah, padahal biasanya aku gag tertarik buat nyatet* di kegiatan* begituan. Tapi yaa .. berhubung temanya seru nih..

  1. Seorang pembicara itu hendaknya berada di sebelah kiri si pendengar, dimana telinga kanan sang pendengar cenderung lebih dekat dengan bibir sang pembicara
  2. Ketika berkomunikasi dengan seorang yang lebih tua atau tinggi pangkatnya, tangan JANGAN seperti melindungi diri seperti gambar(i) tapi taruh tangan di belakang n badan tegak. Seraya berpikir bahwa ‘kita sejajar kok !’
  3. Dan untuk mengatasinya (orang yang melindungi diri), bersikaplah biasa agar orang tersebut tidak seperti semakin takut.
  4. Gerakan tangan jangan menggenggam seperti memohon atau pasrah, namun seperti gambar gambar(ii).
  5. Pada saat pidato, sang pembicara hendaklah memiringkan badannya agar tidak bertatap muka langsung dengan khalayak pendengar karna komunikasi face-to-face itu bukan komunikasi yang efektif.
  6. Kalau grogi pas berkomunikasi dengan orang laen, atasi dengan ‘mengalihkan energi’, sperti memainkan paper clip, pena, rambut, dsb. Karna dalam ilmu fisika, energy itu tidak dapat dimusnahkan.

Setelah pendahuluan yang banyak itu, kita langsung praktek dengan dibagi 3 kelompok, yaitu : kelompok seller, buyer n observer. Seller yang menawarkan motor, buyer sebagai konsumen dan observer yang mengawasi transaksi.

Tapi gag Cuma body language dan praktek marketing yang kita pelajari dari mas Malta, kita juga dapet kata* yang biasa di bilang ‘kata mutiara’, ini dia beberapa kalimat yang bisa kita jadiin patokan atau pedoman dalam hidup kita ke depan ..
1.       Jangan belajar mengeluarkan ide yang banyak, tapi belajarlah bertanggungjawab dengan ide yang kita keluarkan.
2.       Orang kreatif itu selalu bilang : ‘ini ide gue, gag boleh ada yang ambil. Dan gue bakal jadiin ide itu sebagai sesuatu yang really atau nyata !’
3.       Tiap orang ‘dijatah’ buat gagal, n yang harus kita lakuin adalah ‘coba terus sampe jatah itu habis’, hingga pada akhirnya kita dapet jatah buat sukses.
4.       Jangan membatasi diri dengan bilang :’gue takut.. gue gag bisa !’
               
Beliau juga memberi kita banyak info n jasa tentang berbagai hal yang bersangkutan dengan ‘BEASISWA KE LUAR NEGERI’ ! baik banget yaa ? hehe J

Nb : mas Malta juga promosi buku yang sedang dibacanyaa, judulnya ‘Belajar Goblok dari Bob Sadino’.


gambar(i)                                                                      gambar(ii)

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA