Soal Jawaban Format Interaksi Komunikasi Organisasi
Nama
: Desy Kurniasari Tanda
Tangan
NIM : 14030111120013
No
Absen : 09
Mata
Kuliah : Komunikasi Organisasi
Peretemuan
keenam, Rabu, 17 oktober 2012 ( 09.01- 11.30 )
“
Format Interaksi Komunikasi Organisasi “
1. Salah
satu aksioma dari komunikasi interpersonal menyatakan bahwa komunikasi itu
tidak dapat dibalikan. Mengapa demikian ?
Jawab
:
Komunikasi
interpersonal adalah proses yang berlangsung dua arah yaitu antara komunikator
dan komunikan, apabila kita telah mengatakan sesuatu kepada seseorang maka
kata-kata yang sudah keluar tersebut tidak dapat dikembalikan lagi. Pesan yang
sudah diterima tidak dapat dikembalikan seperti semula. Akan tetapi kita bisa
mengkomunikasikannya kembali meskipun kita mencoba merubah, atau mengurangi
efek dari pesan kita. Kita hanya bisa meralat pesan yang sudah terkirim.
Contoh
: saat ada teman yang potong rambut, kemudian kita mengomentari rambutnya
jelek. Pastinya hal itu akan membuat teman kita tersinggung dengan kata-kata
tersebut. Akan tetapi pesan itu sudah terlanjur ditangkap oleh teman kita tadi.
Pesan tersebut tidak dapat dikembalikan / ditiadakan, akan tetapi kita bisa
meralatnya. Misalnya sesudah berkata demikian kita bisa meminta maaf dan
meralat kata-kata yang telah kita ucapkan.
2. Salah
satu faktor kunci yang ada dalam kelompok kecil adalah adanya konflik. Dalam
suatu organisasi pasti akan selalu ada konflik yang tidak dapat dihindari, baik
itu konflik yang bersifat instrinsik maupun ekstrinsik. Bagaimana cara
menyelesaikan konflik instrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah kelompok di
organisasi ?
Jawab
:
Konflik
identik dengan hal yang tidak baik, dan konflik adalah hal tidak diinginkan
dalam sebuah organisasi. Akan tetapi organisasi yang sempurna pun tidak akan
pernah bebas dari yang namanya konflik.
Pace
dan Boren (1973 ) menyatakan cara untuk menyelesaikan konflik diantara kelompok
dan dalam kelompok, yaitu dengan cara :
·
Jika konflik terjadi
karena perbedaan instrinsik maka dapat diselesaikan dengan menggunakan
penjelasan, pembuktian atau verifikasi.
·
Jika konflik ekstrinsik
dapat diselesaikan melalui ketetapan saling menghargai, saling terbuka, saling
mempercayai, memberikan perhatian, kemauan mengambil reiko dan tingkah laku
yang mendukung.
Pada dasarnya konflik dapat diselesaikan dengan
mudah dan baik apabila kita bisa menerapakan komunikasi yang efektif dalam
sebuah organisasi. Selain itu didukung dengan keterbukaan dan kepercayaan satu
sama lain antar anggota kelompok.
3. Seberapa
penting peranan komunikasi publik di dalam sebuah organisasi ?
Jawab
:
pada
dasarnya organisasi adalah suatu sistem yang mengkoordinasi aktivitas dan
mencapai tujuan bersama. Didalam organisasi terdapat banyak orang yang bekerja
dan melakukan aktivitasnya sesuai dengan pembagiannya. untuk mengkoordinasi dan
melakukan pembagian tugas pastilah dibutuhkan sebuah komunikasi. Komunikasi
publik ini sangat berperan penting dalam sebuah organisasi, karena dengan
komunikasi publik kita dapat memberikan informasi kepada sejumlah besar orang
mengenai organisasinya,
Selain
itu komunikasi publik juga dapat digunakan untuk menjalin hubungan antara
organisasi dengan masyarakat diluar organisasi seperti pemakai jasa organisasi
dan masyarakat umumnya.
Comments
Post a Comment