Soal Jawaban Format Interaksi Komunikasi Organisasi


Nama               : Desy Kurniasari                                                                    Tanda Tangan
NIM                : 14030111120013
No Absen        : 09
Mata Kuliah    : Komunikasi Organisasi
Peretemuan keenam, Rabu, 17 oktober 2012 ( 09.01- 11.30 )
“ Format Interaksi Komunikasi Organisasi “

1.      Salah satu aksioma dari komunikasi interpersonal menyatakan bahwa komunikasi itu tidak dapat dibalikan. Mengapa demikian ?
Jawab :
Komunikasi interpersonal adalah proses yang berlangsung dua arah yaitu antara komunikator dan komunikan, apabila kita telah mengatakan sesuatu kepada seseorang maka kata-kata yang sudah keluar tersebut tidak dapat dikembalikan lagi. Pesan yang sudah diterima tidak dapat dikembalikan seperti semula. Akan tetapi kita bisa mengkomunikasikannya kembali meskipun kita mencoba merubah, atau mengurangi efek dari pesan kita. Kita hanya bisa meralat pesan yang sudah terkirim.
Contoh : saat ada teman yang potong rambut, kemudian kita mengomentari rambutnya jelek. Pastinya hal itu akan membuat teman kita tersinggung dengan kata-kata tersebut. Akan tetapi pesan itu sudah terlanjur ditangkap oleh teman kita tadi. Pesan tersebut tidak dapat dikembalikan / ditiadakan, akan tetapi kita bisa meralatnya. Misalnya sesudah berkata demikian kita bisa meminta maaf dan meralat kata-kata yang telah kita ucapkan.

2.      Salah satu faktor kunci yang ada dalam kelompok kecil adalah adanya konflik. Dalam suatu organisasi pasti akan selalu ada konflik yang tidak dapat dihindari, baik itu konflik yang bersifat instrinsik maupun ekstrinsik. Bagaimana cara menyelesaikan konflik instrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah kelompok di organisasi ?
Jawab :
Konflik identik dengan hal yang tidak baik, dan konflik adalah hal tidak diinginkan dalam sebuah organisasi. Akan tetapi organisasi yang sempurna pun tidak akan pernah bebas dari yang namanya konflik.
Pace dan Boren (1973 ) menyatakan cara untuk menyelesaikan konflik diantara kelompok dan dalam kelompok, yaitu dengan cara :
·         Jika konflik terjadi karena perbedaan instrinsik maka dapat diselesaikan dengan menggunakan penjelasan, pembuktian atau verifikasi.
·         Jika konflik ekstrinsik dapat diselesaikan melalui ketetapan saling menghargai, saling terbuka, saling mempercayai, memberikan perhatian, kemauan mengambil reiko dan tingkah laku yang mendukung.
Pada dasarnya konflik dapat diselesaikan dengan mudah dan baik apabila kita bisa menerapakan komunikasi yang efektif dalam sebuah organisasi. Selain itu didukung dengan keterbukaan dan kepercayaan satu sama lain antar anggota kelompok.

3.      Seberapa penting peranan komunikasi publik di dalam sebuah organisasi ?
Jawab :
pada dasarnya organisasi adalah suatu sistem yang mengkoordinasi aktivitas dan mencapai tujuan bersama. Didalam organisasi terdapat banyak orang yang bekerja dan melakukan aktivitasnya sesuai dengan pembagiannya. untuk mengkoordinasi dan melakukan pembagian tugas pastilah dibutuhkan sebuah komunikasi. Komunikasi publik ini sangat berperan penting dalam sebuah organisasi, karena dengan komunikasi publik kita dapat memberikan informasi kepada sejumlah besar orang mengenai organisasinya,
Selain itu komunikasi publik juga dapat digunakan untuk menjalin hubungan antara organisasi dengan masyarakat diluar organisasi seperti pemakai jasa organisasi dan masyarakat umumnya.

Comments

Popular posts from this blog

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Omzet Wirausaha Mahasiswa UNDIP Capai 45 juta perbulan

TEORI PENSTRUKTURAN ADAPTIF