AKTIVITAS (PROSES) SISTEM INFORMASI

AKTIVITAS SISTEM INFORMASI
Mari kita lihat lebih dekat setiap aktivitas pemrosesan informasi dasar (atau pemrosesan data) yang terjadi dalam sistem informasi.

        Input Sumber Daya Data
Data mengenai transaksi bisnis dan kegiatan lainnya harus ditangkap dandisiapkan untuk pemrosesan untuk aktivitas input. Input biasanya berbentuk aktivitas entri data seperti pencatatan dan pengeditan. Para pemakai akhir biasanya memasukan data secara langsung ke dalam sistem komputer, atau mencatat data mengenai transaksi dari beberapa jenis media fisik seperti formulir kertas. Hal ini biasanya meliputi berbagai aktivitas edit untukmemastikan bahwa mereka telah mencatat data dengan benar. Begitu dimasukkan, data bisa dipindahkan ke dalam media yang dapat dibaca mesin, seperti magnetic disk hingga dibutuhkan untuk pemrosesan.

        Pemrosesan Data Menjadi Informasi
Data biasanya tergantung pada aktivitas pemrosesan seperti perhitungan, perbandingan, pemilahan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran. Aktivitas-aktivitas ini mengatur, menganalisis, dan memanipulasi data, hinggamengubahanya ke dalam informasi bagi para pemakai akhir. Kualitas dataapapun yang disimpan dalam sistem informasi juga harus dipelihara melaluiproses terus-menerus dari aktivitas perbaikan dan pembaruan.

        Output Produk Informasi
Informasi dalam berbagai bentuk dikirim ke pemakai akhir dan disediakanuntuk mereka dalam aktivitas output. Tujuan dari sistem informasi adalahuntuk menghasilkan produk informasi yang tepat bagi para pemakai akhir.Produk informasi umum meliputi pesan, lapora, formulir, dan gambar grafisyang dapat disediakan melalui tampilan video, respons audio, produk kertas,dan multimedia.

        Penyimpanan Sumber Daya Data
Penyimpanan adalah komponen dasar sistem informasi. Penyimpanan adalahaktivitas sistem informasi tempat data dan informasi disimpan secara teratur untuk digunakan kemudian.

·         Pengendalian Kinerja Sistem
Aktivitas sistem informasi yang penting adalah pengendalian kinerja sistem.Sistem informasi harus menghasilkan umpan balik mengenai aktivitas input,pemrosesan, output, dan penyimpanan. Umpan balik ini harus diawasi dan dievaluasi untuk menetapakan apakah sistem dapat memenuhi standar kinerja yang telah ditetapkan. Kemudian, aktivitas sistem yang tepat harusdisesuaikan agar produk informasi yang tepat dihasilkan bagi para pemakai akhir.

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA