Bisnis Plan POSNER

Nama   :  Desy Kurniasari                                                                  
NIM    :  14030111120013
Jurusan:  Ilmu Komunikasi

BUSINESS PLAN

Model Bisnis :
POSNER WITH YOUR CREATION adalah sejenis usaha yang akan saya kembangkan dibidang produk dan jasa edit foto dan banner melalui media online. POSNER sendiri adalah singkatan dari Poster dan Banner, dengan dikombinasikan kreasi dari para customer.

Usaha produk/jasa yang ditawarkan :
Usaha ini adalah usaha yang bergerak dibidang  produk dan jasa yang menawarkan kepada customer tentang pemesanan poster dan banner lewat media online. Para customer akan ditawarkan berbagai macam gambar yang saya sediakan lewat akun facebook dan twitter saya, kemudian para customer bisa memesan produk dengan mengirimkan pesan di facebook atau twitter saya, dan juga mengutarakan keinginan mereka terhadap poster atau banner yang mereka pesan. Pesanan poster/banner disini nantinya akan di kreasikan sesuai permintaan customer. Untuk pemesanan poster dan banner ini para customer juga bisa menyediakan gambar yang mereka inginkan, kemudian saya tinggal mengedit poster atau banner sesuai harapan custumer.

Langkah-langkah yang akan diambil :
Langkah-langkah pemasaran :
·         Membuat akun di facebook dan twitter
·         Mengupluod gambar-gambar yang ditawarkan
·         Menshare teman-teman di facebook dan twitter
Langkah-langkah dari pembuatan poster dan banner :
·         Menyiapkan sketsa poster/banner
·         Proses pengeditan poster / banner sesuai pesanan
·         Setelah sketsa gambar pesanan sudah jadi, tinggal dikonsultasikan dengan customer apakah pesanan poster/banner sudah sesuai dengan harapan customer.
·         Setelah sketsa poster/banner sudah disepakati maka tinggal dicetak

Target yang ingin dicapai :
Adalah dengan menghasilkan produk yang bagus dan disukai customer, dan membuat customer yakin akan hasil produk saya dan sesuai dengan pencapaian target finansial yang saya harapkan.

Analisis SWOT :
1.      Strength :
Kelebihan usaha ini adalah para customer tidak perlu capek-capek bertemu langsung untuk memesan. Dan malah customer bisa memesan barang sesuai kreasi mereka sendiri. Keunggulan dalam usaha ini adalah pesanan dapat diantar dan ongkos kirim gratis jika konsumen berada didalam kota.
2.      Weakness :
Kelemahannya dalam usaha ini adalah sulit memastikan dealnya pesanan yang diharapkan customer, membutuhkan intensitas komunikasi lebih sering dan rumit, dan kadang bisa terjadi miss persepsi (kesalahpahaman dalam mengartikan pesanan yang diharapkan oleh customer).
3.      Opportunity
Usaha pemesanan poster dan banner masih jarang dilakukan secara online
4.      Threat

Jika pelanggan tidak merasa puas dengan hasil produk dari usaha saya, bisa saja dia bisa menshare kepada teman-teman lainnya bahwa produk usaha saya kurang memuaskan dan hal ini bisa mempengaruhi usaha saya. 

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA