Bisnis Plan VIP (Vegetable’s Crispy)
Nama :
Mar’atul Hanifah
NIM :
14030111130040
Jurusan :
Ilmu Komunikasi Undip
VIP (Vegetable’s Crispy)
Kami tertarik
menciptakan bisnis mengenai sayuran, meski menyimpan gizi yang bermacam-macam,
namun tetap saja sebagian besar orang tidak berniat untuk memakannya. Sulit menemukan
sayuran yang dapat menjadi favorit untuk orang banyak, baik dewasa, remaja,
maupun anak-anak.
Mengapa memilih crispy
? Karena dewasa ini, anak-anak lebih memilih untuk membeli ayam crispy, kentang
crispy, dan sebagainya. Oleh karena itu, dirasa akan tanpa pemaksaan agar
anak-anak mau memakan sayuran crispy tersebut. Tentunya dengan aneka rasa
seperti rumput laut, sapi panggang, balado, keju, dll untuk menambah selera
makan mereka.
Dalam bisnis plan ini,
kami tidak hanya menggunakan model bisnis e-commerce yang hanya memaanfaatkan
media online atau internet dalam penjualannya. Namun kami juga menerapkan model
bisnis bata dan semen, dimana bata yang mengintegrasikan kehadiran offline atau
toko, dan semen yang mengintegrasikan kehadiran online atau internet. Dengan
menggunakan 2 model tersebut, akan mempermudah customer untuk membelinya, yang
berarti dapat memesan melalui internet, maupun membeli langsung di toko kami.
Pembayaran pun dapat dilakukan dengan cash maupun transfer via bank atau atm.
Langkah-langkah
Tindakan
pertama yang kami ambil adalah dengan memasarkan produk VIP via sosial media,
blog, menyebar selebaran, dan dengan konsep door-to-door. Seluruh strategi
pemasaran tersebut telah membuktikan bahwa kami tidak mempersulit customer
dalam membeli makanan yang lezat dan menyehatkan ini.
Tindakan
selanjutnya adalah memilih sayuran segar untuk dilumuri tepung dan digoreng,
tentunya dengan menggoreng yang tidak terlalu lama agar sayuran masih tetap
segar dan tidak menghilangkan banyak gizi yang dimilikinya. Lalu menambahkan
berbagai rasa yang disukai oleh customer, dan menghiasi produk agar packaging
terlihat lebih cantik dan disukai oleh anak-anak.
Target
Target
yang kami pilih secara khusus adalah anak-anak yang sebagian besar tidak
menyukai sayuran, sedangkan target secara umum adalah semua usia dan golongan,
baik golongan menengah ke atas maupun ke bawah. Dengan tujuan untuk menciptakan
masyarakat yang sehat. Agar dapat mencakup seluruh masyarakat Indonesia secara
luas, kami menyediakan pemesanan melalui telepon, sms, dan sosial media.
Analisis
SWOT
Sayuran
yang kami pilih adalah sayuran segar yang kaya akan gizi yang tidak hanya
sehat, namun juga lezat dan terjangkau. Dengan pemesanan dan pembelian yang
relatif lebih memudahkan customer, kami harapkan agar mereka selalu puas dengan
produk dan pelayanan kami.
Sayuran
harus selalu diperiksa agar tetap segar, karena jika tidak, sayuran yang telah
layu akan mempengaruhi rasa dari VIP (Vegetable’s Crispy) kami.
Menurut
hasil survey kami, telah ada yang menggunakan sayuran crispy dalam menu mereka,
namun sayuran crispy tersebut hanya dijadikan sebagai makanan tambahan.
Sehingga belum ada perusahaan manapun yang menggunakan sayuran crispy untuk
menu utama, karena dianggap kurang menarik perhatian orang banyak. Oleh karena
itu, kami memiliki peluang 100% karena tidak adanya pesaing secara langsung.
Pesaing
baru yang muncul akan dapat mengambil customer kami, namun dengan tetap
memperhatikan kualitas dan tidak menaikkan harga secara tidak wajar, serta
menciptakan customer yang loyal pada perusahaan kami, maka hal itu tidak perlu
dikhawatirkan lagi.
Comments
Post a Comment