Bisnis Plan VIP (Vegetable’s Crispy)


Nama     : Mar’atul Hanifah
NIM      : 14030111130040
Jurusan   : Ilmu Komunikasi Undip

VIP (Vegetable’s Crispy)

Kami tertarik menciptakan bisnis mengenai sayuran, meski menyimpan gizi yang bermacam-macam, namun tetap saja sebagian besar orang tidak berniat untuk memakannya. Sulit menemukan sayuran yang dapat menjadi favorit untuk orang banyak, baik dewasa, remaja, maupun anak-anak.
Mengapa memilih crispy ? Karena dewasa ini, anak-anak lebih memilih untuk membeli ayam crispy, kentang crispy, dan sebagainya. Oleh karena itu, dirasa akan tanpa pemaksaan agar anak-anak mau memakan sayuran crispy tersebut. Tentunya dengan aneka rasa seperti rumput laut, sapi panggang, balado, keju, dll untuk menambah selera makan mereka.
Dalam bisnis plan ini, kami tidak hanya menggunakan model bisnis e-commerce yang hanya memaanfaatkan media online atau internet dalam penjualannya. Namun kami juga menerapkan model bisnis bata dan semen, dimana bata yang mengintegrasikan kehadiran offline atau toko, dan semen yang mengintegrasikan kehadiran online atau internet. Dengan menggunakan 2 model tersebut, akan mempermudah customer untuk membelinya, yang berarti dapat memesan melalui internet, maupun membeli langsung di toko kami. Pembayaran pun dapat dilakukan dengan cash maupun transfer via bank atau atm.

Langkah-langkah
            Tindakan pertama yang kami ambil adalah dengan memasarkan produk VIP via sosial media, blog, menyebar selebaran, dan dengan konsep door-to-door. Seluruh strategi pemasaran tersebut telah membuktikan bahwa kami tidak mempersulit customer dalam membeli makanan yang lezat dan menyehatkan ini.
            Tindakan selanjutnya adalah memilih sayuran segar untuk dilumuri tepung dan digoreng, tentunya dengan menggoreng yang tidak terlalu lama agar sayuran masih tetap segar dan tidak menghilangkan banyak gizi yang dimilikinya. Lalu menambahkan berbagai rasa yang disukai oleh customer, dan menghiasi produk agar packaging terlihat lebih cantik dan disukai oleh anak-anak.

Target
            Target yang kami pilih secara khusus adalah anak-anak yang sebagian besar tidak menyukai sayuran, sedangkan target secara umum adalah semua usia dan golongan, baik golongan menengah ke atas maupun ke bawah. Dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang sehat. Agar dapat mencakup seluruh masyarakat Indonesia secara luas, kami menyediakan pemesanan melalui telepon, sms, dan sosial media.

Analisis SWOT
            Sayuran yang kami pilih adalah sayuran segar yang kaya akan gizi yang tidak hanya sehat, namun juga lezat dan terjangkau. Dengan pemesanan dan pembelian yang relatif lebih memudahkan customer, kami harapkan agar mereka selalu puas dengan produk dan pelayanan kami.
            Sayuran harus selalu diperiksa agar tetap segar, karena jika tidak, sayuran yang telah layu akan mempengaruhi rasa dari VIP (Vegetable’s Crispy) kami.
            Menurut hasil survey kami, telah ada yang menggunakan sayuran crispy dalam menu mereka, namun sayuran crispy tersebut hanya dijadikan sebagai makanan tambahan. Sehingga belum ada perusahaan manapun yang menggunakan sayuran crispy untuk menu utama, karena dianggap kurang menarik perhatian orang banyak. Oleh karena itu, kami memiliki peluang 100% karena tidak adanya pesaing secara langsung.

            Pesaing baru yang muncul akan dapat mengambil customer kami, namun dengan tetap memperhatikan kualitas dan tidak menaikkan harga secara tidak wajar, serta menciptakan customer yang loyal pada perusahaan kami, maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA