Soal Jawaban MENGAPA PERLU ETIKA KOMUNIKASI ?

NIM :
14030111130040
Absen :
40
Makul : Etika Profesi Komunikasi
MENGAPA PERLU ETIKA
KOMUNIKASI ?
Soal
1. Hal apa
yang jauh lebih penting menurut paparazzi dan wartawan infotainment ?
2. Mengapa
persaingan antara media cetak dan gambar sring sedemikian rupa hingga menjadi
tidak proporsional lagi ?
3. Dalam hal
iklan, fungsi komunikasi massa iklan bukan berasal dari isinya, bukan tujuan
ekonomi atau psikologi, bukan publik, tetapi dari logika medium itu sendiri.
Apa maksudnya ?
Jawab
1. Keingintahuan
yang besar untuk mengorek kehidupan pribadi selebritis menjadikan dunia privasi
selebritis lebih menjadi sasaran empuk daripada foto kunjungan seorang presiden
ke tempat musibah.
2. Seperti
logika simulasi (J. Baudrillard), orang tidak pernah akan sampai pada
kebenaran, karena antara realitas, representasi, hiperrealitas atau tipuan
tidak bisa dicek atau dibedakan lagi. Persaingan menghalalkan segala cara. Di
satu sisi, persaingan itu mendorong kreativitas, namun di sisi lain, persaingan
itu juga diikuti oleh semacam mimetisme (gairah yang tiba-tiba menghinggapi
media dan mendorongnya, sepertinya sangat urgen, bergegas untuk meliput
kejadian karena media lain, terutama yang menjadi acuan, menganggapnya penting.
3. Persuasi
dan mistifikasi bukan datang dari rasa tak bersalah pembuat iklan, namun dari
rasa senang pemirsa ditipu, bukan dari hasrat operator iklan untuk merayu,
tetapi dari hasrat pemirsa untuk dirayu. Iklan mendasarkan diri pada tipe
verifikasi “self fulfilling propehcy”,
artinya seni membuat sesuatu menjadi benar dengan mengafirmasi bahwa benar. Ini
merupakan suatu teknik ramalan dipenuhi sendiri oleh yang meramalkannya.
Comments
Post a Comment