Soal Jawaban MENGAPA PERLU ETIKA KOMUNIKASI ?

Nama   : Mar’atul Hanifah
NIM      : 14030111130040
Absen   : 40
Makul  : Etika Profesi Komunikasi
Kelas     : Senin, 13 Mei 2013, jam 09.31

MENGAPA PERLU ETIKA KOMUNIKASI ?

Soal
1.      Hal apa yang jauh lebih penting menurut paparazzi dan wartawan infotainment ?
2.      Mengapa persaingan antara media cetak dan gambar sring sedemikian rupa hingga menjadi tidak proporsional lagi ?
3.      Dalam hal iklan, fungsi komunikasi massa iklan bukan berasal dari isinya, bukan tujuan ekonomi atau psikologi, bukan publik, tetapi dari logika medium itu sendiri. Apa maksudnya ?

Jawab
1.       Keingintahuan yang besar untuk mengorek kehidupan pribadi selebritis menjadikan dunia privasi selebritis lebih menjadi sasaran empuk daripada foto kunjungan seorang presiden ke tempat musibah.
2.       Seperti logika simulasi (J. Baudrillard), orang tidak pernah akan sampai pada kebenaran, karena antara realitas, representasi, hiperrealitas atau tipuan tidak bisa dicek atau dibedakan lagi. Persaingan menghalalkan segala cara. Di satu sisi, persaingan itu mendorong kreativitas, namun di sisi lain, persaingan itu juga diikuti oleh semacam mimetisme (gairah yang tiba-tiba menghinggapi media dan mendorongnya, sepertinya sangat urgen, bergegas untuk meliput kejadian karena media lain, terutama yang menjadi acuan, menganggapnya penting.

3.       Persuasi dan mistifikasi bukan datang dari rasa tak bersalah pembuat iklan, namun dari rasa senang pemirsa ditipu, bukan dari hasrat operator iklan untuk merayu, tetapi dari hasrat pemirsa untuk dirayu. Iklan mendasarkan diri pada tipe verifikasi “self fulfilling propehcy”, artinya seni membuat sesuatu menjadi benar dengan mengafirmasi bahwa benar. Ini merupakan suatu teknik ramalan dipenuhi sendiri oleh yang meramalkannya.

Comments

Popular posts from this blog

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Omzet Wirausaha Mahasiswa UNDIP Capai 45 juta perbulan

TEORI PENSTRUKTURAN ADAPTIF