Sehat Dengan Donor Darah

NAMA: NURUL LAELATUL LATIFAH

NIM: 14030111120028

          SEMARANG-Banyak jalan untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar agar tetap bisa beraktivitas dan berkarya setiap harinya. Salah satunya adalah dengan cara donor darah. Kali ini, himpunan Mahasiswa Jurusan imu komunikasi bekerja sama dengan BSO (Badan Semi otonom) communication care center atau yang biasa disingkat CCC, menggandeng PMI untuk menggelar aksi donor darah di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.

2013-04-18 12.49.34.jpg










Bus PMI Di Lobi Gedung Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro
          Acara ini sendiri mendapat sambutan baik. Buktinya, tidak hanya dari mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik saja, mahasiswa dari fakultas lain pun ikut menyumbangkan darahnya. Salah satunya adalah mahasiswa ilmu komunikasi undip, jaza. Ia mengaku, ini adalah kali kedua mahasiswa angkatan 2010 itu melakukan donor darah setelah sebelumnya ia melakukan donor darah akhir 2012 lalu. Efek yang didapat pun sangat positif. Dia merasa, dengan melakukan donor darah ada dampak yang cukup dirasakannya. Dia merasa memiliki fisik yang sehat setelah sebelumnya tidak pernah melakukan donor darah.
          Dari mulai pukul 09.00-12.30 siang, sudah ada 50 calon pendonor yang telah mendaftar. Ini merupakan hal yang luar biasa, karena jumlah pendaftar telah melebihi target sebelumnya. Namun, dari sekian jumlah calon pendonor, tidak setiap calon bisa diterima donorannya. Hal ini kaena ada beberapa syarat yang syarat yang harus dipenuhi calon pendonor. Adapun syarat pertama adalah sehat, karena nantinya darah ini akan diberikan kepada orang lain, maka kondisi kesehatan calon pendonor amat sangat penting supaya tidak ada masalah kesehatan yang ditimbulkan. Kedua, tidak mengkonsumsi obat-obatan atau jamu selama tiga hari terakhir. Ketiga, tidak menjalankan operasi atau opname sepanjang tahun ini. Yang keempat, calon pendonor diharuskan tida dalam kedaan kuran tidur atau tidak fresh. Karena akan berdampak pada kondisi calon pendonor itu sendiri. Dan yang terakhir, calon pendonor telah sarapan pada pagi hari walaupun hanya dengan sepotong roti.
          Bagi calon pendonor yang memiliki ketakutan pada jarum suntik. Administrator dari PMI bernama Winni menyarankan, untuk mengantisipasi hal tersebut, semestinya calon pendonor menyaksikan temannya atau calon pendonor lain yang telah diambil darahnya. Sambil membereskan peralata, Winni menerangkan, sebenarnya ketika pengambilan darah itu tidak terasa sakit, hanya saja saat pengecekan hemoglobin yang diujung jari banyak saraf-saraf, jadi ketika terkena jarum akan terasa sakit.
          Untuk hasil dari donor darah ini, nantinya akan di bawa ke kantor PMI yang berada di Jalan Soegitjapranata No. 35 Semarang. Kemudian dilakukan pengecekkan lebih lanjut. PMI sendiri memprioritaskan stok kantong-kantong darah untuk rumah sakit-rumah sakit di semarang lalu kemudian baru merambah ke Kabupaten-Kabupaten.
          Saat donor darah ada manfaat-manfaat yang didapatoleh calon pendonor. Diantaranya dapat mengetahui golongan darahnya sendiri, bisa cek kadar hemoglobinnya, tensi, dan cek parameter 4 penyakit yang diantaranya adala HIV secara cepat. Namun, disarankan kepada pendonor darah agar rutin mendonorkan darahnya 3 bulan sekali. Karena donor darah, ibarat motor, motor yang sering ganti oli rutin akan terasa berbeda dengan motor yang jaran ganti oli. Sehingga, orang yang rutin donor darah, akan memiliki tubuh yang fresh dibanding orang yang tidak mendonorkan darahnya.
           Ketua panitia dari devisi pengambian masyarakat HMJ Ilmu komunikasi Indra Septia Budi W. mengatakan, acara donor darah ini bertujuan untuk menghimpun darah dari mahasiswa agar stok darah PMI tercukupi, terutama untuk satu bulan kedepan. Indra juga menambahkah acara ini termasuk wujud bakti sosial HMJ dan CCC karena kantong-kantong darah yang terkumpul nantinya akan sangat membantu masyarakat banyak yang membutuhkannya.

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA