Materi UTS KEWIRAUSAHAAN


 THE DIFFERENT OR DIE
   Terhindar dari persaingan sengit dgn kompetitor
   Nilai tambah bagi konsumen / pelanggannya
   Puas krna dpt mewujudkan kreatifitas n inovasinya

HINDARI KEHANCURAN BISNIS MELALUI TAMPIL BEDA
Contoh :
Hotel tugu Malang dan Bali yang memposisikan  jasanya  sebagai hotel unik.
- 43 kamar tidur nyaris tidak pernah kosong
- Total revenue Rp 100 juta / hari
Tampil beda :
1.         Hotel ditata bak museum penuh dengan barang antik & bersejarah berusia ratusan / ribuan tahun
         - Raden Saleh suit room ( R.217 )
         - Ruang si Raja Gula Indonesia ( Oei Tiong Ham )
2.         Interior ruangan secara berkala diubah / diganti untuk menghindari rasa bosan
3.         Hotel Tugu membenamkan Historical Experience dibenak konsumennya via berbagai bentuk promosinya
Maka jadilah ia sebagai hotel paling bonafit di dunia, setara Hotel Ritz di Paris berkat tangan Anhar.

TAMPIL  BEDA DI :
  Pelayanan
  Harga
  Rasa
  Bentuk
  Packaging / pengepakan

ENTREPRENEURE = PEWIRAUSAHA/PERWIRASWASTA
Menggerakkan tenaga dalam dirinya (Self motivated) dengan mendidik diri sendiri (Auto didact), percaya dan siapkan diri hadapi tantangan di masa datang (resiko)

CIRI KHAS POKOK :
-       dorongan individu yang kuat untuk bertindak.
-       berani hadapi resiko dengan kekuatan sendiri

KARAKTERISTIK PENTING WIRAUSAHAWAN
T. Venkateswara & Prayang Melita (Psychological Factors in Entrepreneurship ) :
1.       Berani mengambil resiko yg telah diperhitungkan
2.       Kreatif dan Inovatif
3.       Percaya diri sendiri / tidak senang bergantung
4.       Keinginan mencapai prestasi tertinggi
= Achievement Motive (David C. Mc Clelland)


ALBERT SHAPORE
Periset kewirausahaan yang melahirkan temuan   ” Ada hubungan / kaitan erat antara Achievement motivations dengan locus of control (Letak kendali) =
Pandangan umum mengenai sukses yang diraih seseorang, inclusif seorang entrepreneure

LOCUS OF CONTROL ( Jeff Madura )
  Internal Locus of Control
Sukses dari dalam diri entrepreneure itu sendiri.
misal : kerja keras, semangat, tekad bulat u/ maju.
  Eksternal Locus of Control
Faktor keberuntungan / dukungan pihak luar.
Misal :payung politik (ortu pemegang kuasa/pejabat)

WIRAUSAHAWAN SBG SOSOK MANUSIA BERKEPRIBADIAN KUAT
Kepribadian : keseluruhan kualitas psikis yang diwarisi atau diperoleh, yang khas pada seseorang yang membuatnya unik (Erich Fromm)
Karna keunikannya  ini oleh Gilmore wirausahawan dipandang sebagai pribadi produktif, karena selalu memberikan kontribusi positif bagi lingkungannya.
Wirausahawan dapat menciptakan kegunaan:
-       Place utilities
-       Form utilities (ubah bentuk/jual bahan mentah)
-       Time utilities
-       Ownership/posession utilities (jual sesuai kantong konsumen)

APA LAGI KONTRIBUSINYA ?
-       Penyedia lapangan kerja
-       Pemberi/pembayar pajak
-       Pelestari lingkungan
-       Penyelenggara tanggung jawab sosial (CSR)
-       Sebagai pribadi yang matang wirausahawan :
o  Tidak banyak tergantung pada orang lain
o  Punya tanggung jawab yang besar
o  Objektif dan kritis
o  Emosinya stabil
-       Keyakinan religius yang kuat.              
-       Socialibility :
o  Dalam lingkungan yang cocok ia tampil kedepan
o  Dalam lingkungan yang tidak cocok ia jaga jarak (BUCHARI ALMA)

WIRAUSAHAWAN SEBAGAI SOSOK MANUSIA BERKEPRIBADIAN KUAT
-       Optimis, yakin alam diciptakan untuk diolah
-       Dinamis, dapat dimanfaatkan setelah diolah
-       Kreatif, manusia dikaruniai akal, untuk melahirkan gagasan, diwujudkan secara inovatif agar berguna

ENAM KEKUATAN MENTAL
1.         Kemauan keras untuk mencapai tujuan
Tujuan harus jelas dan konkrit (dapat laba)
2.       Yakin atas kekuatan diri sendiri (kunci sukses)
3.       Jujur dalam berusaha
Seorang wirausahawan yg jujur patut dipercaya
potensi mendapatkan modal melalui orang lain
1.    Mendidik diri sendiri (self educated) menjaga amanah dan taat / sadar hukum
2.    Melatih disiplin diri (self dicipline), membina kepribadian agar tdk menyimpang dari norma berlaku, menahan diri, fokus pada tujuan
4.       Kekuatan fisik & mental
Kuat fisik à Sehat Jasmani à Time is money
Kuat mental à Sikap pantang menyerah
Tabah sabar hadapi rintangan à Sikap (+) tahan uji
5.       Tekun dalam bekerja & ulet
Menghayati pekerjaannya, kerja keras dan mendayagunakan segenap potensi (akal, tenaga)
6.       Membangun pemikiran konstruktif & kreatif
-       Menciptakan profit center
-       Memberikan added value thd sesuatu yg kurang berguna, dgn diversifikasi usaha dan mendayagunakan produk menjadi final product yg memiliki added value  yang tinggi
                 
CIRI MANUSIA BERKEPRIBADIAN KUAT
Sikap Mental Wiraswasta
1.       Terhadap diri sendiri (tidak egois dan menyimpang)
2.       Terhadap orang lain (menghargai pelanggan dan saling menguntungkan)
3.       Terhadap masyarakat luas (tidak lupa pd kulitnya)
Wiraswastawan peka lingkungan


-  lingkungan transaksional untuk tercapai tujuannya
-  Suplier dan Konsumer dikuasai u/ memperoleh laba
-  Lingkungan meliputi flora, fauna, dan manusia
ECOPRENEUR
mengembangkan bisnis sebagai economic leader, memperhatikan keseimbangan lingkungan (ecological balance) dan kelestarian lingkungan.
KETERAMPILAN WIRASWASTA
1.    Berpikir Kreatif           4. Manajerial
2.    Membuat Keputusan5. Menciptakan Hubungan (PR)
3.    Memimpin
KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF

KETRAMPILAN BERPIKIR ILMIAH
KETRAMPILAN
MEMBUAT KEPUTUSAN









KETRAMPILAN  MEMIMPIN
Wiraswastawan/wirausahawan adalah pemimpin. Memimpin adalah kemampuan menggerakkan orang lain untuk bertindak sebagaimana yang dia inginkan. Pemimpin harus memiliki kualitas kepribadian diatas rata2 daripada bawahannya / orang yang dipimpin
a.    Kapasitas mental (intelegensia,penalaran)
b.    Prestasi, status, partisipasi, popularitas, posisi sosial ekonomi, tanggungjawab, kekayaan informasi
               
KETRAMPILAN  MANAGERIAL
Wiraswastawan tidak jarang = manager, maka harus terampil mengaplikasikan fungsi dasar manajemen

KETRAMPILAN  HUMAN RELATION
Terampil menciptakan kesan menyenangkan dengan :
-       Mitra Bisnis & Konsumen
-       Pemerintah
-       Masyarakat sekitar

KERANGKA RENCANA USAHA
     Nama Perusahaan
     Lokasi Perusahaan
     Komoditi yang akan diusahakan
     Konsumen yang akan dituju/Konsumen sasaran
     Pasar yang akan dimasuki
     Partner yang akan diajak bekerjasama/Badan hukum
     Personil yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan
     Permodalan
     Peralatan usaha yang perlu disediakan
     Promosi usaha
     Strategi harga yang akan digunakan

NAMA PERUSAHAAN
Orientasi u/ jangka panjang, bukan kepentingan sesaat
Pendek, mudah diingat, dieja,  sederhana,  enak  dibaca, tidak   ndeso, gampang dibaca orang asing, tidak menyinggung perasaan kelompok / tidak negatif

LOKASI PERUSAHAAN
-       Tempat kedudukan (Kantor)
-       Tempat kediaman (Pabrik/toko)
-       Pabrik perhatikan : aspek ekonomi dan rentabilitas
-       Dekat pasar, bahan baku, tenaga kerja, air, aman.
-       Ketentuan pemerintah dan kepentingan masyarakat
-       Toko : Mudah dijangkau, fasilitas parkir, intensitas lalu lalang pengguna jalan cukup tinggi, dua arah

KOMODITI YANG AKAN DIUSAHAKAN
     Ada permintaan akan komoditi tersebut (Barang

     atau jasa)
     Tingkat persaingan rendah/cukup rendah
     Ada kemampuan bersaing untuk usaha tersebut

PASAR YANG AKAN DIMASUKI
Berkaitan dengan pemosisian perusahaan dalam pasar:
-       Sebagai Market leader, Follower, Penantang pasar, Pengisi relung pasar ( Market nicher ).
Market nicher adalah market follower yang ingin jadi market leader dalam pasar yang kecil.
Hati hati atas adanya perusahaan besar/market  leader yang masuk kepasar kecil.
Contoh : Bengkel berjalan ke daerah pemukiman, wilayah perkantoran, kampus/sekolah2.
Strategi  tersebut mengancam bagi market nicher

KONSUMEN SASARAN
-          Dalam negri / Luar negri
-          Lokal / Regional / Nasional
Perlu analisis tentang total permintaan yang dapat diharapkan sebab permintaan konsumen bersifat fluktuatif.
Contoh : Penumpang bus akan cukup ramai pada saat2 liburan sekolah, lebaran/hari besar keagamaan lainnya.

PARTNER KERJASAMA / BADAN HUKUM
Jika partnership telah ditetapkan, perlu diatur segala sesuatu yang menyangkut kelanggengan kerjasama.
Misalnya : Tentang penyertaan modal, tanggung jawab dan otoritas tiap partner dan sebagainya.

PERSONIL YANG DIPERCAYA DALAM MENJALANKAN USAHA
SYARAT à Jujur dan cakap
Ingat : Jangan terlena dengan orang yang kelihatan jujur, tapi harus diamati dan lulus tes kejujuran

Perlu dirancang perangkat pengamatan / pengawasan yang akan digunakan (Administratif, informatif) CCTV
Hindari pengamatan yang dapat menimbulkan disharmonisasi dengan personil yang diamati.
Asumsi : Rambut boleh sama hitam, hati orang siapa tau

PERMODALAN
     Modal utama à Semangat/tekad bulat, kejujuran
     Modal uang / modal awal. Perlu dicari utk menggerakkan langkah awal wirausaha
Dengan modal kerja/modal awal yang kecil, didukung oleh modal utama akan memicu datangnya modal tambahan dari pihak lain, sehingga usaha menjadi lebih besar, terutama dukungan kredit perbankan.
Direct motivation à Credit standing
Ingat : Jangan melakukan kanibalisme atas modal uang

PROMOSI USAHA
Biasa diperlukan bagi suatu usaha baru (produk baru ) yang belum dikenal khalayak ramai /banyak konsumen.
Papan nama perusahaan, kartu nama, spanduk, brosur / selebaran, iklan dipohon, cari no Hp calon konsumen

PERALATAN
Utk kelancaran usaha, namun harus mengacu prinsip :
Ekonomis, efisien dan sesuai dengan lingkungan konsumen yang dilayani, kemampuan keuangan yg ada.
Lingkungan konsumen yg dilayani :
-       Situasi dan Kondisi Domisili konsumen
-       Jumlah pembelian mereka/pembeli

STRATEGI HARGA
Jika usaha masih baru / baru dibuka, strategi harga perkenalan untuk menarik minat beli konsumen.  Harga murah pertama kali, perlahan berubah/sesuai sikon

SKIMMING PRICE
Penetapan harga dilakukan dengan harga setinggi mungkin dengan alasan :
     Permintaan in elastis saat barangnya  dipasarkan.
     Konsumennya high class
     mengembalikan modal dalam waktu singkat
     Masuknya pesaing baru tidak dikhawatirkan

PENETRATION PRICE
Penetapan harga yang murah pada awalnya, kemudian dinaikkan secara bertahap.
Alasan :
     Diperkirakan permintaan bersifat elastis
     Dengan produksi besar, biaya akan dapat ditekan.
     Adanya kekhawatiran masuknya kompetitor baru

COMPETITOR  PRICE

Harga ditetapkan mengikuti harga pasar yang berlaku

MARGIN PRICING
Penetapan harga setelah memperoleh margin keuntungan tertentu

PRICE  LINING
Penetapan harga  yang sama untuk kelompok barang tertentu. Konsumen dapat memilih barang yang disenangi dari kelompok barang tersebut (harga obral)

DISCOUNT HOUSE
Penetapan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan harga ditoko lain.
Syarat :  Toko jauh dari toko penjual barang yg sama.

JUDGMENT  PRICE
Penetapan harga lebih mahal atas dasar keistimewaan dari produk tersebut
Dengan asumsi : Dengan harga yang lebih mahal justru produk terseebut banyak diminati/cepat laku.
misal :   - Jie Sam Sue (234)
                - Roll Roys
                - Biaya kuliah di MM  30 juta

CUSTOMARY PRICE
Penetapan harga secara tetap walau harga bahan bakunya naik, karena  produk tersebut telah melekat dihati para pelanggannya. Namun isi, berat, ukuran produk dikurangi, kualitas produk diturunkan

ODD  PRICE
Penetapan harga sedikit lebih rendah dari harga lazimnya. Penciptaan sentuhan psikologis konsumen
Artinya : konsumen menganggap untung jika membeli dalam jumlah banyak karena selisih harganya, walau sesungguhnya dorongan beli dalam jumlah banyak tanpa disadari pengeluaran juga akan cukup besar.

EVEN  PRICE
Penetapan harga sesuai nilai pecahan uang ( Rp. 5000, Rp. 10.000, Rp. 20.000)

Comments

Popular posts from this blog

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Omzet Wirausaha Mahasiswa UNDIP Capai 45 juta perbulan

TEORI PENSTRUKTURAN ADAPTIF