Identitas dalam Kompleksitas dan Identitas, Representasi, Politik
Identitas dalam Kompleksitas dan
Identitas, Representasi, Politik
Tugas
Sosiologi Komunikasi
Di
susun Oleh :
Monalisa Sima S (14030111130038)
Yuliantika Hapsari (14030111130039)
Mar’atul
Hanifah (14030111130040)
Vitri Juniati (14030111130041)
Kholita Putri A (14030111130044)
PROGRAM STUDI S-I ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK (FISIP)
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG 2012
Konsep Identitas
Identitas
dapat diketahui
melalui pandangan orang lain terhadap kita, seperti saat masih kecil, kita
belum mengerti bahwa kita adalah laki-laki atau perempuan, namun orang tua,
dokter, dan orang-orang di sekitar kita sudah mengetahui.
Media membantu
seseorang untuk mengidentifikasi dirinya. Media di sini juga berfungsi bersama
dengan orang tua, sekolah dan otoritas lainnya. Pada usia dini, setiap individu
dapat mengetahui di negara mana mereka tinggal serta orang yang
berada dalam suatu negara memiliki satu kesamaan yang membedakan mereka dari
orang-orang dari negara lain.
Orang bisa
mengatakan, saat itu, bahwa media membantu lembaga-lembaga sosial lainnya dalam
memberitahu kita apa artinya menjadi laki-laki atau perempuan, apa artinya
datang dari Los Angeles atau Bournemouth, apa artinya menjadi orang Amerika
atau Perancis atau Inggris, apa artinya menjadi hitam atau putih, untuk menjadi
seorang anak atau mahasiswa dan sebagainya.
Identitas
pribadi sebagai
jawaban atas
pertanyaan ‘who am i ?’ Kemudian bertanya tentang apa yang unik dari diri kita
sendiri, apa yang membedakan kita dengan orang lain, apa yang menjadi
pengalaman kita, emosi dan suasana hati, dan untuk berbagi dengan orang lain
tidak selalu mudah. Seperti yang telah dialami banyak orang, tidak sedikit yang
dapat menjawabnya dengan cara yang benar-benar memuaskan.
Identitas dalam Kompleksitas
Sebagian besar
dari identitas kita bukan pilihan kita sendiri. Seperti yang kita ketahui, kita
tidak dapat memilih orang tua, atau memilih latar belakang kelas sosial, rasa
tau gender. Selain itu, banyak pilihan yang paling penting kita lakukan dalam
hal pendidikan tinggi, seperti untuk mengkondisikan latar belakang kita, dengan
demikian juga akan mempengaruhi sikap kita terkait pendidikan, lifestyles dan sebagainya. Pada akhirnya adalah mengangkat derajat cukup tinggi dari
konsistensi dalam identitas sosial dan personal.
Orang modern lebih bebas memilih mereka
ingin menjadi siapa
daripada orang-orang di pra-modern, masyarakat
tradisional. Orang
modern lebih dinamis, baik secara sosial
dan geografis, seringkali jauh dari mana pun kita mulai keluar, kita lebih sering mengubah
pekerjaan dan profesi: kita lebih sering berubah pasangan dan mitra, dan sebagainya.
Media secara signifikan berkontribusi
terhadap identitas pribadi kita tambal sulam: bahkan bisa dikatakan bahwa
mereka dapat memberikan dasar untuk ketahanan terhadap tekanan dari kekuatan
yang lebih suka memiliki kita menjadi benar-benar identik dengan hanya salah
satu kotak kain perca. Beberapa media mungkin ingin kita memikirkan diri kita sendiri, dalam
konteks nasional: mereka mungkin ingin kita menjadi pria sejati di atas semua:
atau mereka mungkin bersikeras kita harus tampil muda dan trendi. Media benar-benar dapat menawarkan
sedikit keseimbangan di sini. Dengan kata lain, seseorang tidak memahami peran
media dalam pembentukan identitas jika orang berpikir itu sebagai langsung,
pengaruh bawah sadar sehingga identitas kita menjadi efek sederhana dari apa
yang media telah disajikan kepada kita. Aspek sadar dari hubungan kita dengan
media hampir seperti kebiasaan, yang kita biasanya tidak berhenti untuk
berpikir mengenai
hal tersebut. Kita juga tidak
memiliki kontrol pribadi atas apa disajikan media kepada kita. Pada saat yang sama, penting bahwa
kita juga berpikir dan mengevaluasi, baik ketika memilih produk media dan bila
menggunakan mereka.
Identitas,
Representasi, Politik
Persembahan
media yang banyak dan beragam, tidak menjamin
bahwa mereka mencerminkan dan mempertahankan semua identitas kelompok yang ada
di masyarakat. Itulah sebabnya ada perjuangan politik atas hak dan bentuk
representasi di media. 'Representasi' dan 'bentuk-bentuk representasi' yang
dimaksud di sini adalah deskripsi fenomena tentang teks, gambar atau suara. ‘Beberapa cara' di sini menunjuk pada aspek penting, yaitu
bahwa 'tanda adalah
sesuatu yang berdiri untuk mewakili
sesuatu' (Jensen, 1995). Seperti media yang
seringkali memberitakan kisah tragis yang menimpa para Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang sarat akan pemerkosaan, penganiayaan, pembunuhan,
dll. Sedangkan mereka
sangat jarang menyorot TKW yang sukses di negeri orang.
Hal ini juga
relevan dengan dimana fungsi duta
besar, pertahanan pengacara,
dll itu disebut. Orang-orang tertentu,
seperti presiden, raja, ratu atau atlet top, sering digunakan untuk mewakili negara mereka saat
tampil di luar negeri, dan dalam surat kabar dan penyiaran terkadang ada wawancara dengan
perwakilan dari nelayan atau orang tua dari anak-anak kecil. Semua perwakilan
tersebut dapat dilihat berdasarkan fungsi, serta
baik atau buruknya
mereka dalam cara mewakili kelompok besar atau kecil.
Perempuan,
pekerja, ras minoritas, etnis dan bahasa, gay, kapitalis, atau dalam hal ini,
orang-orang yang mengabdikan hidupnya untuk seni modern di berbagai negara,
pada waktu yang berbeda, mengeluh bahwa mereka tidak cukup terwakili secara
langsung oleh media. Mereka juga mengajukan kritik tajam dari cara-cara di mana
mereka diwakili, yang sering menimbulkan debat publik. Analisis Akademik teks
sastra, acara TV, film, dan sebagainya juga sering berorientasi pada isu
representasi. Sebuah diskusi tentang bagaimana selebriti atau acara TV tentu
akan juga sangat sering melibatkan masalah tentang
siapa atau apa 'kita', atau seharusnya (yaitu,
mereka menjadi berdiskusi identitas, masalah yang sangat pribadi). Seperti seorang selebriti yang menjelek-jelekkan orang
lain yang berpacaran dengan seorang janda. Sebenarnya hal itu tidak hanya
menyakiti pasangan yang terlibat, namun juga orang-orang yang memiliki status
yang sama. Perdebatan seperti itu sering memberikan
contoh pentingnya media dalam permainan dan konflik di sekitar kita. Jika
seseorang terlihat bertindak di tempat kita, kita cenderung berpikir bahwa
mereka harus berperilaku yang sepantasnya.
Di beberapa negara,
etnis dan bahasa
minoritas tertentu telah diberikan
program siaran yang dominan, saluran nasional dalam bahasa minoritas mereka. Motivasi utama untuk siaran
nasional dalam bahasa minoritas berkaitan
dengan pemberian pengakuan
simbolis dari minoritas yang bersangkutan sebagai warga negara atas dasar persamaan dengan penduduk mayoritas. Program yang
ada sebagai representasi dari
kaum minoritas yang
bersangkutan, dan
untuk mengingatkan mayoritas bahwa
tidak hanya mereka kelompok
etnis atau bahasa dengan legitimasi penuh. Masalah di sini adalah bagaimana jika jaringan TV
nasional mulai menyiarkan satu jam setiap
hari dalam
bahasa daerah
minoritas, mungkin dengan teks bahasa nasional, saat prime-time. Program tersebut akan sangat membuat
marah sejumlah minoritas lainnya, yang telah berjuang selama beberapa dekade untuk mendapatkan representasi yang lebih banyak dan lebih baik di televisi.
Representasi
dipandang penting secara sosial, bahwa kebebasan berekspresi telah dibatasi oleh
hukum di banyak negara,
untuk mengatur bagaimana kelompok-kelompok tertentu dibicarakan di depan umum
(terutama di media). Mungkin, misalnya,
dilarang untuk menggambarkan perempuan dengan cara diskriminatif tertentu
dalam iklan, atau untuk menggambarkan atau berbicara tentang orang dengan cara
menghina berdasarkan ras, agama, etnis atau preferensi seksual.
Baik orang
boston, Liverpool, texas, penggemar sepak bola, tukang pipa, atau professor
dalam kelompok, memiliki sejenis perlindungan yang sah terhadap gambaran
ketidakadilan dan kebencian dalam media. Mengapa tidak? Seseorang dapat
membayangkan setidaknya dua alasan utama. Pertama, seseorang yang termasuk
dalam kelompok demikian biasanya dianggap unsur yang kurang penting dalam
identitas individu. Keimanan seseorang mungkin juga diperlakukan dalam hukum sebagai sesuatu
yang seseorang tidak dapat bebas memilih, dan sebagai sesuatu yang biasanya
pribadi dan mendasar pada identitas tiap orang.
Tetapi faktanya, keyakinan agama lebih
dijaga daripada identitas professional yang mungkin harus dilakukan, dengan alasan kedua ‘mengapa beberapa
kelompok dilindungi dan yang lain tidak
?’ Kelompok yang biasanya dilihat besar atau kuat
secara sosial tidak akan dihormati sebagaimana dalam kebutuhan perlindungan.
Professor lesbian tidak akan tersakiti oleh program yang menyatakan penghinaan
bagi professor, tetapi mungkin akan lebih disakiti oleh perkataan atau program
yang mengacu pada wanita, lesbian, dan orang berkulit hitam Afrika dalam cara yang
merendahkan atau membenci secara terang-terangan.
Tidak
sepantasnya kita memberikan lelucon yang kasar tentang orang yang tinggal di suatu
kota atau Negara, karena kita juga tahu bahwa ada beberapa orang baik diantara
mereka (setidaknya dua atau tiga). Misalnya, orang Inggris
menceritakan lelucon tentang orang Irlandia, sedangkan orang Irlandia menceritakan
tentang orang dari Negara Gabus,
sedangkan orang dari Negara Gabus
menceritakan lelucon tentang Dubliner. Orang Swedia dan Norwegia menceritakan jenis lelucon
tentang satu sama lain yang
juga memberitahu tentang orang Polandia
di USA. Kebanyakan dari lelucon itu
tidak begitu berbahaya, tetapi menurut
pengalaman yang telah terjadi,
humor dapat menjadi senjata yang tidak menyenangkan.
Studi Kasus
Media
membantu sesorang untuk mengidentifikasi dirinya. Bahwa identitas dapat
diketahui melalui pandangan orang lain, orang –orang disekitar kita, kelompok
yang kita ikuti , dan sebagainya. Media menjadi salah satu bagian dari
“sekeliling” kita yang juga membentuk identitas kita sebagai seorang individu.
Media mengkonstruksi identitas khalayaknya. Ketika berbagai iklan produk
kecantikan menggunakan model iklan dengan kriteria tertentu seperti langsing,
putih, tinggi, berambut panjang, maka media mengkonstruksi makna cantik. Media
membentuk identitas seorang perempuan. Identitas yang dimiliki seorang
perempuan adalah seperti apa yang ditunjukan oleh media. Tidak sebatas itu, konstruksi
sosial atas realitas dilakukan oleh media dalam berbagai bentuk yang pada
akhirnya terus membangun identitas-identitas tertentu pada khalayaknya. Berikut
contoh pengaruh media pada kompleksitas identitas:
Telah
disebutkan sebelumnya bahwa di masa sekarang, orang lebih dinamis baik secara
sosial maupun geografis. Oleh karena itu, maka sangat mungkin ketika seorang
individu memiliki identitas yang kompleks. Pada keadaaan itu, sesungguhnya
media secara signifikan turut berkonstribusi pada pembentukan identitas
pribadi.
Seorang
mahasiswa misalnya, melakukan aksi
sosial pengumpulan dana untuk korban di
jalur Gaza. Terlepas dari motivasi kemanusiaan, secara tidak langsung
kita “membela” rakyat Palestina dari Israel dan sekutunya, Amerika. Namun di
sisi lain, saat akhir pekan kita pergi ke bioskop untuk menonton film-film
Hollywood makan siang di KFC atau Mc.Donalds, bangga memakai sepatu merek
“Nike” dan gadget pabrikan Amerika, dan sebagainya. Elemen mengenai aksi sosial
yang telah dilakukan ini lah yang kemudian membentuk kompleksitas identitas
dari diri mahasiswa tersebut. Walaupun realitanya, setiap diri masing-masing
individu pasti memiliki identitas yang kompleks.
Dari
kasus diatas, sesungguhnya potongan-potongan identitas tersebut merupakan hasil
kontribusi media. Munculnya rasa empati yang kemudian mendorong orang untuk
melakukan aksi sosial bagi korban di jalur Gaza, karena media menerpa kita
dengan berita-berita mengenai hal tersebut terus menerus. Padahal jika membahas
masalah mengenai membantu orang-orang yang kesulitan, aksi sosial, tidak perlu
jauh-jauh tentang Palestina, disekitar kita pun juga banyak orang yang
membutuhkan. Namun demikianlah adanya, karena media sangat gencar memberitakan
mengenai hal tersebut. Bagaimana kemudian kita juga “menikmati” produk-produk
Amerika, sebagai wujud dari potongan identitas kita yang lain, maka
sesungguhnya itu pun juga sebagai akibat dari konstruksi media. Betapa
gencarnya iklan mengenai hal-hal tersebut, yang pada akhirnya berdampak secara
afektif yang kemudian terwujud pada perilaku kita.
Kesimpulan
Pada
akhirnya, tidak bisa dipungkiri bahwa
betapa signifikan kontribusi media dalam membentuk identitas diri seseorang.
Media membentuk “potongan-potongan” identitas dari individu yang kemudian
berdampak pada kompleksnya identitas yang dimiliki oleh seorang individu. Yang
terpenting adalah, bagaimana individu mampu berfikir dan mengevaluasi atas apa
yang disampaikan media bagi dirinya sendiri tentu. Karena jelas media akan
selalu hadir di kehidupan kita dan mempengaruhi bagaimana diri kita, baik
secara sadar atau tidak ketika kita menerima pesan dari media tersebut.
Comments
Post a Comment