Istilah Komunikasi Antar Budaya


ISTILAH KAB

Tugas Komunikasi Budaya

Di susun Oleh :
Mar’atul Hanifah
(14030111130040)


PROGRAM STUDI S-I ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK (FISIP)
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2013

1.      International Communication
Interaksi antara struktur-struktur politik atau negara yang sering dilakukan oleh wakil-wakil dari negara atau bangsa. Atau dengan kata lain International Communication dapat diartikan sebagai sebuah komunikasi yang interaksi dan ruang lingkupnya bersifat lintas negara serta berlangsung di antara orang-orang yang berbeda kebangsaan dan memiliki jangkauan penyampaian pesan melintasi batas-batas wilayah suatu negara
Adapula kriteria-kriteria Komunikasi International, yakni:
a.       Jenis isu, pesannya bersifat global
b.      Komunikator dan komunikannya berbeda kebangsaan
c.       Saluran media yang digunakan bersifat internasional

Contoh : Kunjungan Menteri Norwegia Membangun Pemahaman Bersama

787ae9ec9023a82f5aa7e4c1a64f73cb_L.jpg
Menteri Pembangunan Internasional Norwegia Heikki Holmås mengadakan kunjungan ke Indonesia pada 6-7 Juni 2012. Kunjungan dua hari ini merupakan dukungan politik atas kerja sama Norwegia dan Indonesia terkait inisiatif perubahan iklim dan perbaikan tata kelola hutan secara menyeluruh. Dalam kunjungan itu turut pula Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Eivind S. Homme, calon Duta Besar Norwegia yang baru, Stig Traavik, serta beberapa petinggi di Kementerian Luar Negeri Norwegia dan Kedutaan Besar Norwegia di Indonesia.
“Kami mendukung inisiatif yang telah dilakukan dari tingkat nasional sampai tingkat lokal. Inisiatif pengurangan emisi dari degradasi sudah berjalan sebagaimana mestinya,” ungkap Holmas dalam jumpa pers sesaat sebelum meninggalkan Kalimantan Tengah. 
Dalam kunjungan singkatnya di Jakarta dan Palangka Raya, Holmas mengaku telah bertemu dengan banyak pihak dari tingkat nasional, propinsi, sampai tokoh masyarakat di tingkat desa. Di Jakarta, Menteri Holmas telah bertemu Ketua UKP4 dan Ketua Satgas REDD+, Kuntoro Mangkusubroto, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Negara untuk Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisjahbana.  Dengan ketiganya, Menteri Holmas membahas perkembangan terakhir kerjasama pembangunan antara kedua negara.  
Kedatangan Holmas di propinsi percontohan disambut dengan upacara adat Dayak, Tetek Pantan, sebelum beramahtamah dengan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Achmad Diran di area VIP  bandara Tjilik Riwut. Holmas beserta rombongan kemudian langsung menuju dermaga Tangkiling untuk wisata susur sungai Runganai untuk melihat langsung kehidupan masyarakat di tepian sungai,  Pulau Kaja tempat pelepasliaran sementara orangutan binaan BOSF, serta masuk ke kawasan hutan yang berdiri di atas lahan gambut pulau Kaja.


Analisis :
Kerjasama yang terjalin antara kedua negara tersebut menjelaskan bahwa adanya komunikasi internasional. Mereka mewakili negara kebangsaan masing-masing.


2.      Intraculture Communication
Terjadi antara individu dari kebudayaan yang sama dan bukan individu-individu dari kebudayaan berbeda.

Contoh : Kerusuhan Etnik Meluas, Kirgistan Keadaan Darurat

kir.jpg
Osh, Kyrgyzstan (ANTARA News/Reuters) - Kyrgyzstan telah minta bantuan Rusia, Sabtu, untuk menghentikan pertempuran etnik yang telah menewaskan sedikitnya 75 orang dan menyebabkan beberapa bagian kota terbesar keduanya, Osh, terbakar, kekerasan terburuk sejak presidennya dijatuhkan April lalu.
Pemerintah sementara di Kyrgyzstan, yang menampung pangkalan militer AS dan Rusia, mengatakan mereka tak berdaya untuk menghentikan kelompok-kelompok bersenjata membakar habis rumah dan usaha etnik Uzbek di beberapa bagian kota Osh. Bentrokan senjata berkobar hingga malam.
Kekerasan dan penembakan meluas ke wilayah Jalalabad yang berdekatan, tempat bentrokan mematikan bulan lalu.
"Kami memerlukan masuknya dari luar, pasukan bersenjata untuk menenangkan keadaan," kata pemimpin pemerintah sementara Roza Otunbayeva pada wartawan. "Kami telah minta pada Rusia untuk membantu dan saya telah menandatangani surat itu untuk Presiden Dmitry Medvedev.”
Rusia, sementara itu, mengatakan, sekarang bukan waktunya bagi negara itu untuk campur tangan.
"Itu konflik internal dan untuk sekarang ini Rusia tidak melihat kondisi mengambil bagian dalam pemecahannya," ujar Natalya Timakova, juru bicara Medvedev, sebagaimana dikutip oleh kantor berita Interfax.
Kyrgyzstan, bekas negara Soviet telah mengumumkan keadaan darurat di Osh dan beberapa distrik pedesaan pada Jumat dini hari setelah kelompok-kelompok etnik yang bersaing saling berperang dengan senapan, batang besi dan bom minyak.
Kerusuhan baru di Kyrgyzstan itu akan meningkatkan kekhawatiran di Rusia, AS dan tetangganya China. Washington telah menggunakan pangkalan angkatan udara di Manas di bagian utara negara itu, sekitar 300Km dari Osh, untuk memasok pasukannya di Afghanistan.
Kementerian Kesehatan Kyrgyzstan menyebutkan, sedikitnya 75 orang telah tewas -- enam dari mereka di Jalalabad -- dan hampir 1.000 orang terluka dalam kekerasan di markas kekuatan bekas presiden Kurmanbek Bakiyev, yang dijatuhkan oleh pemberontakan rakyat, ke arah selatan.
Otunbayeva menyatakan korban pada akhirnya mungkin akan lebih besar.
Sementara itu, menurut Uni Eropa, pihaknya akan mengirim wakil khususnya untuk Asia Tengah, Pierre Morel.
Ditanya mengenai kemungkinan bantuan Rusia, seorang jurubicara EU mengatakan, "Kami akan menyabut baik setiap upaya dari salah satu mitra internasional kami untuk membantu keadaan di Kyrgyzstan".


Analisis :
Peperangan antar kelompok dalam satu etnik dapat memecahkan atau merusak etnik itu sendiri. Oleh karena itu, persatuan dalam etnik sangat berpengaruh penting dalam komunikasi antar etnik itu sendiri.

3.      Minority Communication
Komunikasi antar anggota-anggota suatu subbudaya minoritas dengan anggota-anggota budaya yang dominan.

Contoh : AS Desak Birma Hentikan Pertempuran dengan Etnis Minoritas

99491CD1-DBCA-48C3-A28F-666FAB4ACF58_w640_r1_s.jpg
Amerika Serikat mendesak Birma agar menghentikan pertempuran di daerah-daerah suku minoritas di bagian utara negara itu, sementara pertempuran maut antara pasukan pemerintah dan pemberontak telah memaksa banyak penduduk mengungsi ke arah negara tetangga Tiongkok.
Jurubicara Departemen Luar negeri Amerika Kelly McKellogg hari Kamis menyerukan kepada pemerintah Birma agar memulai dialog ke arah rekonsiliasi dengan oposisi dan suku-suku minoritas. Dia mengatakan Amerika Serikat sedang memantau keadaan dengan hati-hati di Birma, dimana pasukan pemerintah melakukan serangan terhadap suku pemberontak di utara.
Organisasi berita Kachin yang berbasis di Thailand, yang mempunyai  hubungan erat dengan pemberontak, mengatakan lebih dari 10 ribu orang pengungsi Kachin telah melarikan diri ke perbatasan Tiongkok dalam pertempuran beberapa hari ini.
Seorang saksi memberitahu VOA bahwa sebagian besar pengungsi telah ditolak di perbatasan, dan sekarang bersembunyi di gereja-gereja dan hutan di dekatnya.  Tetapi, Tiongkok telah membantah bahwa pengawal perbatasannya telah menolak izin masuk bagi ribuan pengungsi.

Analisis :
Peperangan yang terjadi antara etnik mayoritas dan minoritas telah beberapa kali terjadi, dan kasus di atas hanya salah satunya. Penindasan kepada etnik minoritas seharusnya tidak terjadi demi kemajuan bangsa dan negara.

4.      Transracial Communication
Pengertian yang dicapai oleh orang-orang dari latar belakang etnik atau ras yang berbeda dalam suatu situasi verbal.
Contoh : Hubungan antar etnik di permukiman Kenten
Dalam masyarakat multietnik, hubungan antar etnik merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh individu-individu yang terlibat dalam masyarakat tersebut. Seringkali hubungan antar etnik membawa berbagai konsekuensi, yang tidak saja positip tetapi juga negatip. Dalam masyarakat Kenten, dimana keragaman etnisitas mewarnai kehidupannya, hubungan-hubungan antar individu yang berlatarbelakang kultur berbeda-beda ternyata tidak selamanya menimbulkan konsekuensi-konsekuensi negatif. Masing-masing individu yang berbeda kultur tersebut, disamping masih mempertahankan identitas budayanya, juga melakukan hubungan-hubungan sosial yang saling mengisi dan melengkapi, dimana individu-individu saling belajar dan berkomunikasi secara akomodatif.
Perbedaan-perbedaan yang ada terakomodasi melalui serangkaian tindakan warga masyarakat dengan melakukan aktivitas-aktivitas sosial, seperti lomba adu ayam, arisan, kegiatan kematian, pengajian, doa bersama, dan lain sebagainya. Dalam berbagai aktivitas tersebut, warga masyarakat memberikan apresiasi secara partisipatif, dengan meminimalkan perbedaan-perbedaan yang ada, dan secara langsung ataupun tidak langsung telah memungkinkan terjadinya proses pembauran. Pembauran dapat berlangsung secara alami dalam lingkungan masyarakat Kenten, manakala antar warga berusaha mengurangi sikap prasangka dan diskriminatif terhadap etnis lain yang berbeda. Dalam banyak kasus, suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri bahwa sikap-sikap stereotipik dan berbagai persepsi negatit masih mewarnai interaksi sosial yang terjadi. Akan tetapi pada umumnya sikap stereotipe berkembang atau tumbuh karena pengalaman- pengalaman individual, yang seringkali sangat sulit untuk dijadikan patokan atau pedoman bagi warga lainnya.
Persepsi ataupun pengetahuan yang kurang proporsional yang dimiliki sebagian kecil masyarakat Kenten, misalnya etnis Palembang yang pemalas, etnis Minang yang suka main curang, etnis Cina yang kikir, ataupun etnis Jawa dan Sunda yang suka bermanis muka, dalam kehidupan sehari-harinya ternyata tidak ditampakkan secara berlebihan sehingga pembauran antar warga dapat berlangsung dengan alami. Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh warga yang banyak melakukan perkawinan dengan etnik yang berbeda. Dalam perkawinan antar etnik, masing-masing individu mengikuti kesepakatan bersama yang dilakukan oleh pihak keluarga mempelai wanita ataupun pria.

Analisis :
Perbedaan persepsi antar etnik telah biasa terjadi, ada yang berdampak positif, namun tak jarang juga yang memiliki perbedaan persepsi ke arah negatif. Oleh karena itu, masing-masing etnik harus memahami etnik-etnik lainnya, agar tidak terjadi miss persepsi yang dapat berdampak buruk.

5.      Conracultural Communication
Komunikasi antara anggota-anggota dari dua kebudayaan yang asing satu sama lain, tetapi secara relative sejajar, dalam suatu hubungan kolonial, dimana satu kebudayaan dipaksa tunduk pada kekuasaan kebudayaan yang lain.
Contoh : Kemerdekaan Bosnia dan Timbulnya Perang Saudara
Terjadinya perubahan politik globalisasi membawa pangaruh di negara Federasi Yugoslavia. Perang saudara di Yugoslavia diawali dengan merdekanya Kroasia dan Slovenia pada tanggal 25 Juni 1991. Mereka memisahkan diri dari negara Federasi Yugoslavia. Hal ini membuat Serbia marah karena rencananya mendirikan negara Serbia Raya akan gagal apabila negara–negara bagian Yugoslavia satu per satu memisahkan diri. Serbia tidak tinggal diam. Serbia melakukan penyerangan ke Slovenia dan Kroasia untuk mencaplok kembali wilayah yang sudah meredeka itu menjadi wilayah kekuasaan etnis Serbia.
Kemudian, lewat kehancuran Komunis pada tahun 1990, parlemen Bosnia dan Herzegovina malakukan pemungutan suara pada tanggal 15 Oktober 1991 untuk mengusahakan pelepasan wilayah ini dari Yugoslavia, dan hasilnya rakyat Bosnia dan Herzegovina sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Bosnia mengumumkan kemerdekaannya di bawah kepemimpinan Ali Izzet Begovic yang memenangkan pemilihan presiden pada tahun yang sama.
PBB dan negara–negara besar lalu merestuinya, juga lebih dari 120 negara lainnya. Ketika Federasi Yugoslavia itu hancur, tinggallah di Bosnia 60.000 tentara Serbia yang dengan persenjataan dan perbekalan lengkap yang memungkinkan orang–orang Serbia yang minoritas menindas kaum muslimin yang ada di Bosnia.

Analisis :
Perpecahan yang terjadi dalam suatu negara telah menimbulkan perang saudara seperti kasus di atas. Hal itu terjadi agar kaum minoritas tidak terus ditindas, dan tidak lagi harus tunduk pada negara tersebut.

6.      Countercultural Communication
Interaksi antara anggota-anggota suatu subbudaya atau budaya yang anggota-anggotanya terasingkan dari kebudayaan dominan, tetapi secara aktif dapat melawan nilai-nilai budaya dominan, sehingga sering menghasilkan konflik.

Contoh : Pemberontak Kachin Tolak Gencatan Senjata

80042_620.jpg
Presiden Myanmar Thein Sein mengeluarkan perintah gencatan senjata, yang akan berlaku sejak Sabtu (19/1), untuk menghentikan bentrokan dengan pemberontak etnik Kachin. Namun kelompok gerilyawan Kachin Independence Army (KIA) menyatakan bahwa mereka tidak akan begitu saja menerima tawaran gencatan senjata dari pihak pemerintah.
Pertempuran antara KIA dan militer Myanmar yang telah berlangsung selama 20 bulan itu membuat ribuan warga sipil harus kehilangan rumah dan mengungsi. Pertempuran itu juga menimbulkan keraguan mengenai keseriusan pemerintah Myanmar dalam menerapkan reformasi untuk mengakhiri ketegangan etnik yang telah berlangsung selama beberapa dekade di Myanmar, yang juga dikenal sebagai Burma.
Pengumuman dari Komite Informasi negara mengatakan bahwa gencatan senjata akan mulai diberlakukan pada Sabtu pukul 06.00 waktu setempat. Namun, gencatan senjata hanya berlaku untuk angkatan bersenjata Myanmar Tatmadaw, di La Ja Yang yang merupakan daerah tempat terjadinya konflik paling sengit.
"Untuk mengurangi ketegangan konflik bersenjata, kedua pihak harus segera menghentikan pertempuran. Kachin Independence Army diminta untuk menginstruksikan pada pasukannya agar tidak menyerang Tatmadaw," kata pengumuman tersebut.
Kepala tim negosiasi KIA, Sumlut Gam, mengatakan bahwa pengumuman pemerintah terdengar sangat baik namun KIA akan menunda diskusi mengenai usulan gencatan senjata dari pihak pemerintah Myanmar sampai Sabtu.
Sementara itu, juru bicara KIA yang berada di Thailan, Kolonel James Lum Dau, mengatakan bahwa posisi pasukan pemerintah saat ini hanya beberapa mil dari kota Laiza yang dikuasai kelompok pemberontak. Lum Dau menilai posisi tersebut membuat pemerintah dapat merebut kantor pusat KIA.
"Usulan gencatan senjata itu palsu atau artifisial, sampai mereka kembali mengangkat senjata. Mereka berbicara mengenai perdamaian, namun pembicaraan itu hanya untuk menunjukkan niat palsu mereka kepada dunia. Ini tidak bermakna apa-apa,” kecam Lum Dau kepada Reuters.
Pengumuman dari pemerintah muncul hanya satu hari setelah Tiongkok mendesakkan adanya gencatan senjata sebagai respon atas peluru artileri yang terbang melintasi garis perbatasan pada Kamis. Insiden tersebut merupakan yang kedua setelah peristiwa serupa juga terjadi pada Desember lalu. Respon Tiongkok itu menunjukkan ketidak-sabaran yang terus meningkat di Beijing terhadap sikap pemerintah Myanmar terhadap etnis Kachin.
Akibat konflik senjata itu, jumlah pasti korban tidak diketahui, tetapi pemerintah mengatakan Jumat (18/1) bahwa 35 tentara telah tewas dan 190 terluka dalam serangkaian penyergapan oleh pemberontak sejak 2011, dalam jumlah korban tewas resmi pertama untuk sisi militer.
Dilaporkan pula, puluhan ribu orang telah mengungsi di negara itu sejak Juni 2011, ketika gencatan senjata selama 17 tahun antara pemerintah dan KIA pecah. Di sisi lain, Human Rights Watch dari New York pada minggu lalu menuduh pasukan pemerintah Myanmar telah menembaki kota Laiza tanpa prinsip diskriminasi sehingga menyebabkan tiga warga sipil tewas. Amerika Serikat juga mendesakkan adanya gencatan senjata dan negosiasi perdamaian baru. 

Analisis :
Etnik Kachin merupakan etnik minoritas di Myanmar, namun mereka tidak mau tunduk begitu saja pada negaranya. Justru mereka ingin berdiri sendiri, bahkan melawan aturan-aturan di Myanmar atau etnik mayoritas disana.

7.      Social Class Communication
Beberapa perbedaan antara orang-orang adalah berdasarkan atas status yang ditentukan oleh pendapatan, pekerjaan, dan pendidikan. Perbedaan ini menciptakan kelas-kelas social dalam masyarakat.

Contoh : Jakarta, Kota Bercampurnya Kemakmuran dan Kemiskinan

images (3).jpg
Chaotic, crowded, and cosmopolitan, Jakarta, the capital of Indonesia, is a city of contrasts. Home to millions of people from around the world, the city is a mixture of languages and cultures, poverty and wealth….”
Demikian bunyi  potongan overview mengenai Jakarta di http://www.tripadvisor.com, salah satu laman yang sering menjadi rujukan para pelancong yang ingin berkunjung ke Jakarta.
Jakarta memang sangat kontras, dan salah satu sisi kontras Jakarta adalah ketika kemiskinan dan kemakmuran bercampur  menjadi satu, berpadu dan tersaji sebagai potret kehidupan di berbagai sudut kota. Di jalan-jalan Kota Jakarta , Anda bisa menyaksikan mobil-mobil mewah seperti Mercy atau Hammer berseliweran dan pada saat yang sama para pengemis menengadahkan tangan meminta belas kasihan.
Sebagai rumah bagi sekitar 9,6 juta penduduk, ibu kota memang sangat timpang. Perbedaan antara si kaya dan si miskin bagaikan langit dan bumi. Jika pada tahun 2009 13 persen penduduk Jakarta berpenghasilan di atas US$ 10.000, pada saat yang sama ada sekitar 3,62 persen penduduk yang justru berpenghasilan kurang dari 316.963 rupiah per bulan.
Potret kemiskinan kota, Tingkat pendapatan rendah, Kondisi kesehatan buruk, Tingkat pendidikan rendah
Diolah dari berbagai sumber, data-data dari BPS

Analisis :

Jelas sekali bahwa Jakarta adalah kota yang kontras akan kelas sosialnya. Meskipun telah menjadi hal yang lazim, perbedaan dan perbandingan di antara mereka masing sangat lekat. Kelas atas dianggap yang paling berkuasa, sedangkan kelas bawah harus menuruti kelas atas.

Comments

Popular posts from this blog

Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan Innote

KESANTUNAN DALAM BAHASA INDONESIA

Soal dan Jawaban MODEL KOMUNIKASI MASSA